Breaking News

Tower Akses Internet akan Dibangun, Warga Pedalaman Apresiasi Pj Bupati Nagan Raya
Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas. Foto: Desain Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, NGAN RAYA - Entah sudah berapa lama warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh mengharapkan bisa menggunakan fasilitas internet dengan lancar. Mimpi yang diidamkan warga selama ini kini akan segera terwujud.

Bukan tanpa alasan, terwujudnya keinginan warga ini berkat kerja keras semua pihak dan instansi terkait, terutama perjuangan Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, S.Sos, M.Si dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Nagan Raya.

Berkat perjuangan dan keberhasilannya, Pj Bupati Fitriany Farhas dan Diskominfotik Nagan Raya menjadi buah bibir positif dari masyarakat, terlebih bagi warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang yang mengapresiasi pencapaian tersebut.

Zakaria, A.Md, Par misalnya, salah seorang warga Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang mengaku sangat mengapresiasi Pj Bupati Nagan Raya yang berupaya mewujudkan pembangunan tower internet di wilayahnya.

"Kami apresiasi, artinya ada itikad Ibu Pj Bupati untuk memerdekakan Beutong Ateuh, walaupun ini pembangunannya belum seratus persen," ucap Zakaria yang juga Ketua Generasi Beutong Ateuh Banggalang (GBAB).

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, terlebih untuk Pj Bupati Fitriany Farhas berkat usahanya tersebut yang akan membebaskan warga di pegunungan Beutong itu akan bebas dari ketertinggalan modernisasi.

"Atas nama GBAB saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi terkait usaha Pj Bupati untuk memerdekakan kami dari ketinggalan," ujar Zakaria yang diamini warga lainnya, Rusli.

Ucapan senada juga disampaikan Amren Beta, pria asal Beutong Ateuh Banggalang yang kini menetap di Keudee Seumot Kecamatan Beutong.

"Ini kinerja yang sangat luar biasa. Atas pencapaian ini, kami juga turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama sekali Pj Bupati Nagan Raya Ibu Fitriany Farhas," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, warga di wilayah terpencil pegunungan Beutong itu tidak pernah menikmati jaringan internet dengan lancar seperti selayaknya, karena diketahui bahwa daerah tersebut disebut sebagai kawasan blankspot (tak ada jaringan internet).

Namun nantinya, setelah pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) selesai dibangun, maka masyarakat Beutong Ateuh Banggala juga dapat mengakses internet seperti yang dirasakan masyarakat di daerah lain.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas melalui Kepala Diskominfotik, Drs Said Amri, di Suka Makmue, Jum'at (5/5/2023) dalam keterangan tertulis.

Dikatakan Said, guna memastikan pembangunan tower tersebut berjalan lancar, Pj Bupati Fitriany Farhas melalui Sekda Ir Ardimartha memerintahkannya untuk melakukan pengecekan lokasi pembangunan BTS. Hal tersebut dilaksanakannya bersama pejabat teknis dan staf jajaran instansi tersebut.

Disebutkan, sesuai arahan Pj Bupati Nagan Raya pihaknya telah turun ke lokasi, di mana titik koordinatnya berada di pinggir jalan lintas kawasan Jambo Burong Pegunungan Singgahmata, lebih kurang 7 km dari pusat Kecamatan Beutong Ateuh arah ke Ulee Jalan.

"Pembangunannya masih dalam tahap pemasangan besi untuk pengecoran pondasi tapak," ujar Said Amri didampingi Kabid TIK, Teuku Syamsul Bahri, M.Kom.

Lanjutnya, upaya menghadirkan jaringan internet di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang merupakan program prioritas sejak Fitriany Farhas dilantik menjadi Pj Bupati Nagan Raya pada 11 Oktober 2022 lalu.

Bahkan, ujar Kadis Kominfotik, sehari setelah dilantik, Pj Bupati Fitriany langsung menyambangi Telkom Aceh guna melakukan audiensi, termasuk berkoordinasi dengan jajaran Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XVIII Banda Aceh.

Selain itu, Pj Bupati Fitriany juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak BPKH terkait perizinan. Bahkan bukan itu saja, ia juga turut melakukan berbagai lobi ke Kementerian Kominfo RI di Jakarta, guna agar dapat mewujudkan mimpi yang telah lama diidamkan warga untuk bisa mengakses jaringan internet.

"Saya bersama Kabid TIK beberapa kali ikut mendampingi beliau (Pj Bupati Fitriany Farhas) ke Jakarta," tutur Kadis Kominfotik.

Sementara itu, Pj Bupati Fitriany Farhas menuturkan bahwa keinginannya sederhana, yaitu agar teknologi dan informasi bisa dirasakan oleh semua warga di Kabupaten Nagan Raya tanpa ada kendala.

"Apa lagi di dataran tinggi Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang, akses internet di sana tidak aktif. Mudah-mudahan pembangunan BTS nya cepat selesai dan tanpa ada kendala, sehingga saudara kita disana juga dapat segera menikmati kemudahan teknologi," ucap Pj Bupati Fitriany terkait pembangunan BTS di Kecamatan Beutong Ateuh Banggala. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini