Breaking News

Tingkatkan Ekonomi Daerah, Pemkab Nagan Raya Kerja Sama dengan USK Banda Aceh
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.Kegiatan yang berlangsung di Kantor Direktorat Bisnis dan Dana Lestari (DBDL) USK Banda Aceh pada Jum'at (12/5/2023). Foto dok Humas Pemda Nagan Raya.

Gunpalannews.com, NAGAN RAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Direktorat Bisnis dan Dana Lestari (DBDL) USK Banda Aceh pada Jum'at (12/5/2023) itu, dihadiri oleh perwakilan Pemkab Nagan Raya dan perwakilan dari USK Banda Aceh.

Kerja sama yang dinilai cukup strategis ini dalam rangka kajian Penyusunan Dokumen Kebutuhan dan Kelayakan Pendirian Perumda Aneka Usaha Kabupaten Nagan Raya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Nagan Raya, Ir Ardimartha menyampaikan, salah satu tujuan utama pembangunan daerah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan kerja, dan mengembangkan perekonomian daerah. 

"Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Pemkab Nagan Raya merencanakan pendirian perusahaan daerah yang bertujuan untuk menyelenggarakan jasa pelayanan umum dan berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah," ujar Ardi.

Menurutnya, dalam rangka mempercepat proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi daerah, serta peningkatan pendapatan daerah, diperlukan terobosan dan upaya untuk meningkatkan sumber pendapatan daerah yang berbasis pada potensi daerah, tanpa memberatkan masyarakat, melainkan membuka peluang usaha yang sesuai dengan karakteristik ekonomi daerah.

Dikatakan Ardimartha dalam sambutannya, salah satu langkah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat adalah dengan membentuk Perumda Aneka Usaha.

"Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 telah mengamanatkan penyusunan Peraturan Pemerintah tentang BUMD, yang juga telah diatur lebih lanjut melalui Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah. Pasal 9 undang-undang tersebut menekankan bahwa pendirian Perumda harus didasarkan pada kebutuhan dan kelayakan," katanya 

Lebih lanjut Sekda mengungkapkan, dengan kerja sama tersebut para tenaga ahli yang ada di USK Banda Aceh menjadi hal yang penting dalam pembangunan Kabupaten Nagan Raya.

"Pemkab wajib melakukan analisis kebutuhan dan analisis kelayakan pendirian Perumda Aneka Usaha, yang diharapkan akan menjadi salah satu perusahaan daerah dengan tujuan utama memberikan pelayanan dan peningkatan ekonomi masyarakat, serta memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah melalui pengelolaan usaha dan keterlibatan investor di masa depan, perusahaan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Nagan Raya," ucap Ardimartha 

Ardimartha berharap, dengan adanya kerjasama itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dengan kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat antara pendidikan, penelitian, dan pemerintahan dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Nagan Raya khususnya," ucapnya.

Sementara itu, Dr. Syaifullah Muhammad dari USK mengatakan bahwa universitas ini memiliki 12 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana, dengan jumlah dosen sebanyak 1.849 orang yang memiliki keahlian di berbagai bidang. 

"USK siap membantu pemerintah daerah dalam menjalankan tugasnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh para dosen dengan Kolaborasi antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi diharapkan akan memperkuat komunikasi dan koordinasi dalam mencapai hasil yang positif dari kerja sama ini," ujar Syaifullah.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Mukhlis Yunus, MS yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USK dan staf khusus Pj Gubernur Aceh menjelaskan akademisi adalah unsur netral yang siap memberikan kontribusi melalui pengetahuan yang dimiliki.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Nagan Raya Efliyanto, SE, MM, para tenaga ahli yang terlibat dalam pelaksanaan kajian serta perwakilan kedua pihak Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama yang diwakili oleh Dr. Syaifullah Muhammad. 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini