Tiga Komisioner KPU Lolos 4 Besar Seleksi Bawaslu Sumsel

,
Informasi yang dihimpun Gumpalan, Sabtu (17/6/2023) keempat nama tersebut yakni Ardiyanto, S Pd, Massuryati, Hibza Meiridha Badar, SH dan Dery Siswadi, S IP, M Si. Foto/dok Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, PALEMBANG- Panitia seleksi (Pansel) Komisioner Bawaslu Sumsel akhirnya mengumumkan 4 besar nama-nama calon komisioner Bawaslu Sumsel 2023 - 2028 untuk dua sisa kuota.

Informasi yang dihimpun Gumpalan, Sabtu (17/6/2023) keempat nama tersebut yakni Ardiyanto, S Pd, Massuryati, Hibza Meiridha Badar, SH dan Dery Siswadi, S IP, M Si. Keempatnya ini bakal mengikuti fit and propertest di Bawaslu RI untuk diambil dua nama yang bakal mengisi dua Kuota sisa komisioner Bawaslu Sumsel 2023 - 2028.

Uniknya mayoritas 4 besar nama yang lolos calon Bawaslu Sumsel ini berasal dari Komisioner KPU tingkat Kabupaten di Sumatera Selatan. Sebut saja Ardiyanto Spd (Anggota KPU Muratara, Dra Massuryati (Ketua KPU Ogan Ilir dan Dery Siswadi (Ketua KPU Kabupaten OKI). Hanya Hibza Meiridha Badar yang berlatar belakang Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Sumsel.

“Mereka yang lolos akan mengikuti tes kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan oleh Bawaslu RI,"ungkap Ketua Timsel calon anggota Bawaslu Sumsel Muhammad Adil.

Menurut Dosen UIN Redeb Fatah ini, setelah berhasil melewati tahapan fit and proper test untuk mendapat dua orang yang nanti akan ditetapkan sebagai anggota Bawaslu provinsi Sumatera Selatan.

“Kita akan segera kirimkan nama-nama yang lolos 4 besar ke Bawaslu RI untuk dapat mengikuti tahapan selanjutnya,”ungkap dia.

Dijelaskannya, sebelumnya pengumuman sempat tertunda karena proses tersebut dilakukan secara berhati-hati.

"Setelah mendapatkan nama yang dinyatakan lulus oleh Bawaslu RI, mereka kemudian mengumumkan 4 besar nama tersebut ke publik,"terang Adil.

Editor: Redaksi