Tersesat di Nagan Raya, Pemkab Antar Penderita Gangguan Jiwa ke Jawa Tengah
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh mengantar salah seorang penderita gangguan jiwa atas nama Rusmanto (paruh baya) ke kampung halamannya di Semarang, Jawa Tengah. Foto/Rahmat Gumpalan

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh mengantar salah seorang penderita gangguan jiwa atas nama Rusmanto (paruh baya) ke kampung halamannya di Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Nagan Raya Bustami S.Pd melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Ahissul Fahmi, SKM mengatakan bahwa, pihaknya telah berhasil mengantar Rusmanto kembali ke daerah asalnya via jalur darat.

"Alhamdulillah saudara kita warga Semarang yang tersesat di Nagan Raya telah kita bawa pulang ke keluarganya," ujar Fahmi, Senin (12/6/2023).

Dijelaskan, sebelumnya Rusmanto sempat tersesat dan sakit di wilayah Kabupaten Nagan Raya, sehingga oleh warga dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda (RSUD-SIM) untuk menjalani perawatan.

Oleh karena tidak memiliki identitas, pihak RSUD-SIM dan Dinas Sosial meminta bantuan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nagan Raya untuk mencari informasi dan identitas pasien yang bersangkutan.

"Hasil identifikasi oleh Disdukcapil diperoleh identitas pasien bernama Rusmanto, warga Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang," jelas Ahis.

Setelah diketahui identitasnya, lanjut dia, Kepala Dinsos, Bustami, S.Pd menyampaikan laporan terkait proses pemulangan ODGJ antar provinsi, dan langsung mendapat respon dari Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si.

"Maka atas dasar itulah, Dinsos di bawah Bidang Rehabilitasi Sosial mengambil tindakan untuk pemulangan ODGJ tersebut dengan meminjam mobil PSC dari Dinas Kesehatan," ujar Ahis.

Sebelum mengantarkan ke kampung halamannya, terlebih dahulu tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Nagan Raya melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Rusmanto, tujuannya untuk memastikan kondisinya stabil.

Proses pelepasan pengantaran dilaksanakan pada Rabu (7/6/2023) lalu dan disaksikan oleh Pj. Bupati Fitriany Farhas, Kepala Dinkes Hj. Siti Zaidar, S.ST., MKM, Kepala Dinsos Bustami, S.Pd dan jajaran di halaman kantor bupati setempat.

Setelah menempuh jarak sekitar empat hari perjalanan darat, pada Sabtu (11/6/2023) lalu Rusmanto dan tim pengantar tiba di Semarang, Jawa Tengah. Kemudian diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Sosial setempat dan dijemput oleh keluarga serta aparatur kelurahan tempat Rusmanto berasal.

Pertemuan Rusmanto dan keluarga pun berlangsung haru. Bahkan pada kesempatan tersebut keluarganya mengaku pihaknya telah mencari-cari keberadaan Rusmanto hingga akhirnya ditemukan di wilayah Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

"Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kami ucapkan kepada Pemkab Nagan Raya yang telah membawa pulang saudara kami ke Semarang," imbuh salah seorang keluarga Rusmanto. 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini