Tempuh Jarak Capai 3 Jam, Warga Pulau Siumat Miliki Ambulance Laut
Sejumlah Tokoh hadir pada saat peresmian Ambulance Laut untuk Desa Pulau Siumat. Jumat (23/09/2022). Foto/dok Humas Desa Pulau Siumat For gumpalannews.com.

Gumpalannews.com,SIMEULUE - Warga Pulau Siumat Kecamatan Simeulue Timur Kabupaten Simeulue, saat ini telah memiliki satu unit spead boad untuk dijadikan Ambulance laut dengan kapasitas 40 PK. Nantinya Ambulance ini direncanakan akan melayani masyarakat Pulau Siumat selama 24 jam untuk tujuan medis yang bersifat darurat.

Saat dikonfirmasi Gumpalannews.com Kepala Desa Pulau Siumat, Ariyunan mengatakan pengadaan Ambulance laut ini untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pulau Siumat yang membutuhkan pelayanan medis seperti melahirkan, sakit berat maupun pelayanan medis lainnya yang bersifat darurat.

"Ini kita anggarkan dari Dana Desa senilai Rp 183 juta tahun anggaran 2021/2022 alhamdulillah kita resmikan atau pesejuk hari ini. Semoga bermanfaat," Ujar Kepala Desa Pulau Siumat Ariyunan. Jumat (23/09/2022).

Ariyunan berharap dengan adanya ambulance laut tersebut dapat mempermudah masyarakat Pulau Siumat mendapatkan pelayanan medis.

Sementara Kepala Dinas kesehatan Mas Etika Putra, yang turut hadir dalam acara peresmian atau peseujuk  siang tadi itu mengatakan dirinya merasa kagum dan terharu dengan hadirnya ambulance laut di Pulau Siumat. Karena menurut pria yang akrab disapa dimas itu, Pulau Siumat telah memiliki Puskesmas terapung yang diadakan oleh Desa sendiri.

"Saya berharap agar penggunaan speed boat terapung tersebut digunakan sesuai dengan SOP kesehatan dan mari kita sama-sama kita jaga dan rawat," Katanya.

Selain itu, Dimas juga berharap fasilitas ambulance laut Pulau Simeulue harus memiliki Troling Mobile untuk mempermudah mengangkat pasien, kemudian tabung oksigen, set alkes, minorkes, Imfuset, tensimeter wajib, thermometer wajib.

"Itu adalah peralatan-peralatan yang wajib dimiliki dan nanti kami akan menyumbangkan kepada ambulance terapung ini," Jelas Kadis Kesehatan Simeulue itu.

Kemudian Kapolsek Simeulue Timur Iptu Azwi melalui Kapolsubsektor Pulau Siumat Bripka Efriadi Saputra yang juga turut menghadiri peseujuk itu mengimbau kepada masyarakat Pulau Siumat agar ambulans laut tersebut digunakan dengan baik dan dirawat sehingga speed boat itu bertahan lama.

"Dan kami juga berharap agar Speed Boat tersebut tersebut jangan di salah digunakan seperti memancing ikan, mengangkat muatan barang petani dan lainnya," Kata pria yang akrab disapa edos itu.

Selain Kepala Desa Pulau Siumat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue dan Kapolsubsektor Pulau Siumat, acara peseujuk itu turut dihadiri Camat Simeulue Timur, Kadis DPMD, Kadis Perhubungan, Anggota DPRK Simeulue, Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Simeulue, Kepala Puskesmas Kuala Makmur, Ketua Abdesi dan tokoh masyarakat lainnya.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini