Tabuh Beduk Lebaran, Pj Bupati Nagan Raya Lepas Peserta Pawai Takbir Keliling
Pj Bupati Nagan Raya menabuh beduk pelepasan peserta pawai takbir keliling di Nagan Raya, Jum'at (21/4/2023). Foto: Teuku Rahmat/Gumpalannews

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Sambut hari kemenangan, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S.Sos, M.Si melepas peserta pawai takbiran Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijiriah / 2023 Masehi.

Prosesi pelepasan peserta pawai takbiran ini, dipusatkan di halaman Masjid Agung Baitul A'la (Masjid Giok) Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Jum'at (21/4/2022) malam, ditandai dengan penabuhan beduk dan penyerahan obor kepada peserta pawai yang diwakili Camat Suka Makmue dan tokoh masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung ba'da Isya tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Ketua MPU, MAA, MPD, Kakan Kemenag, kepala SKPK, Camat, ASN, keuchik gampong, Ormas dan masyarakat setempat.

Dalam arahannya, Pj Bupati Fitriany Farhas menyampaikan bahwa ia merasa gembira karena menyongsong hari kemenangan yaitu 1 Syawal 1444 hijjriah. Sebulan lamanya kita menahan hawa nafsu dan berlomba-lomba melaksanakan amal ibadah kepada Allah SWT, yang mana amal ibadah yang wajib maupun sunnah itu dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. 

"Pada momentum Idul Fitri ini, semakin meningkatkan nilai-nilai ketakwaan kita kepada Allah SWT, sebagai wujud syukur atas karunia yang telah dilimpahkan-Nya  kepada kita semua maka sepantasnya pada malam ini, kita harus terus mengumandangkan takbir dan tahmid," ujarnya.

Dikatakan, pelaksanaan pawai takbir yang dilaksanakan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam di _bumoe rameune_ yang dicintai itu.

"Oleh karena itu, mari kita laksanakan pawai ini dengan penuh kegembiraan dalam menyuarakan takbir," katanya.

Ia berharap kepada peserta pawai agar menjaga ketertiban sehingga berjalan dengan lancar aman.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah, Ir. H. Ardimartha dalam laporannya mengatakan bahwa selama masa pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih kurang selama tiga tahun lamanya tidak ada pawai perayaan hari raya.

"Alhamdulillah, dengan takdir Allah SWT seiring  dengan berkurangnya pandemi di Indonesia, maka pada malam hari ini kita akan melakukan takbir menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," ungkap Ardimartha

Lebih lanjut Ardi melaporkan pawai itu diikuti oleh ribuan masyarakat Kabupaten Nagan Raya baik menggunakan kenderaan hias roda empat maupun roda dua bahkan berjalan kaki dengan membawa obor.

"Terlihat memang masyarakat sangat antusias terhadap pergelaran pawai malam ini, jadikanlah momentum malam ini untuk mengumandangkan nama ilahi rabbi bukan untuk hura-hura," tandas Ardi.

Sekda Ardimartha juga menjelaskan rute pawai tersebut dimulai dari Masjid Giok sampai ke Jeuram kemudian dilanjutkan ke Simpang Peut dan kembali ke titik awal.

"Mari sama-sama kita lakukan pawai malam ini dengan tetap mengikuti arahan dari petugas demi kelancaran acara kita ini," tutup Ardi. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini