Sejumlah Rumah Di Nagan Raya Rusak Akibat Angin Puting Beliung

,
Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas saat mengunjungi warga yang terkena musibah angin puting beliung. Foto dok Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Sejumlah rumah di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh rusak akibat terpaan angin puting beliung dan hujan lebat. Selain rumah, kejadian itu juga turut menumbangkan pohon sehingga kabel aliran PLN putus dan listrik padam.

Tidak berapa lama setelah kejadian, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si secara langsung mendatangi tempat kejadian. Atas nama pribadi dan kepala daerah, ia turut prihatin dan berbelasungkawa atas kejadian itu.

"Subhanallah. Saya mengetahui infonya dari warga melalui sosmed. Kejadiannya pada Senin (24/4) sore kemarin. Kemarin juga saya sudah turun ke lokasi," kata Fitriany Farhas, Selasa (25/4/2023) dinihari.

Dijelaskannya, musibah yang terjadi secara tiba-tiba pada hari ketiga perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah tersebut, terjadi dibeberapa desa dalam Kecamatan Suka Makmue, Kecamatan Kuala, Seunagan Timur dan Kecamatan Beutong.

Selain Pj Bupati Fitriany, kunjungan yang dilakukan itu turut dihadiri Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), para Camat, para keuchik, dan sejumlah masyarakat.

Menurutnya, pemantauan yang dilaksanakan tersebut guna untuk melihat langsung kondisi rumah warga yang rusak akibat cuaca yang kurang bersahabat.

"Saya mengimbau agar masyarakat waspada dan juga selalu untuk menjaga diri. Insya Allah alam akan bersahabat dengan kita," ucapnya.

Sementara itu, Kalak BPBD Nagan Raya, Irfanda Rinaldi menyampaikan bahwa, dari informasi yang diperoleh pihaknya, beberapa kecamatan di Kabupaten Nagan Raya dilanda angin puting beliung.

Dari kejadian angin kencang dan hujan lebat yang terjadi pada pukul 15.00 WIB tersebut, mengakibatkan pohon tumbang dan atap rumah warga disapu angin.

"Kita telah mengerahkan personel turun ke lokasi, tim akan membersihkan pohon tumbang dan membantu warga mengumpulkan atap rumah yang roboh akibat kejadian ini," tuturnya 

Untuk data sementara yang berhasil diperoleh pihaknya, tambah Irfan, sebanyak 22 unit rumah warga mengalami kerusakan terutama pada bagian atap rumah.

"Di Kecamatan Beutong ada 17 unit, Suka Makmue 1 unit, Kuala 1 unit dan Seunagan Timur sebanyak 3 unit. Untuk korban jiwa tidak ada. Kita juga akan terus melakukan pendataan terhadap korban dampak kejadian ini," jelasnya. 

Editor: Yono Hartono