Sawah dan Rumah Warga di Babahrot Abdya Terendam Banjir
Lahan persawahan warga di Desa Rukoen Damee, Babahrot digenangi air, Kamis (13/7/2023). Foto: Dok Gumpalannews

Gumpalannews.com, ACEH BARAT DAYA - Akibat hujan lebat yang mengguyur sejak beberapa waktu terakhir, puluhan hektar lahan persawahan di Desa Rukoen Damee, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terendam banjir.

Keuchik Rukoen Damee, Mustafik mengatakan, selain telah mengenangi area persawahan dan perkebunan warga, air juga dikhawatirkan akan merendam beberapa unit bangunan rumah berpenghuni yang berada di desa setempat.

Salah seorang warga di Desa Rukoen Damee sedang membersihkan rumahnya yang terendam banjir, Kamis (13/7/2023). Foto: Dok Gumpalannews

"Sawah yang direndam air lebih kurang sekitar 10 hektar, beberapa unit rumah sudah dimasuki air. Jika hujan terus turun dengan intensitas tinggi seperti ini, dikhawatirkan rumah warga lain sepertinya juga akan terendam," ujar Mustafik, Kamis (13/7/2023) sore.

Berdasarkan pantauan awak media, sejumlah halaman rumah warga mulai digenangi air, seperti yang terpantau di Dusun Cot Dirui dan Dusun geunang Jaya.

Penyebabnya, tambah dia, drainase atau saluran pembuangan desa telah tersumbat, sehingga tidak mampu menampung debit air hujan yang mengguyur sejak beberapa waktu terakhir dan menyebabkan air meluap ke pemukiman warga.

Halaman rumah warga di Desa Rukoen Damee terendam banjir air luapan drainase, Kanis (17/7/2023). Foto: Dok Gumpalannews

"Drainase ada, tapi sudah tersumbat. Lagian saluran pembuangan yang ada juga berukuran kecil sehingga tidak mampu menampung debit air," katanya singkat.

Mustafik berharap agar pihak terkait dapat segera menindaklanjuti perihal itu, agarke depan jika terjadi hujan lebat maka pemukiman warga tidak dikhawatirkan akan digenangi air. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini