Breaking News

Sapi Ngamuk Lari Ke Hutan,Warga Kewalahan, Damkar Purwakarta Tepaksa Turun Tangan Evakuasi
Seekor sapi Qurban milik warga, ketika akan disembelih secara tiba- tiba kabur ke hutan belantara, sontak membuat kewalahan warga di Desa Sukajadi, Pondoksalam Purwakarta. Senin (17/6/2024). Sapi berhasil ditangkap kembali, dibantu petugas Damkar BPBD Purwakata, Jabar. Foto/Damkar BPBD Purwakarta.

Gumpalannews.com, PURWAKARTA-Ada- ada saja ulah seekor hewan ternak sapi yang satu ini pasalnya ketika akan disembelih untuk hewan qurban, Secara tiba- tiba kabur ke hutan belantara, sontak membuat kewalahan warga di Desa Sukajadi, Pondoksalam Purwakarta, Jabar.

"Sebelum lari ke hutan sapi kurban mengamuk saat akan dibawa ke tempat pemotongan hewan kurban di satu pondok pesantren."ujar Nurdin selaku Kades Sukajadi, pada media, Senin (17/6/2024). 

Lebih lanjut Nurdin menambahkan Warga yang hendak mengantarkan sapi tersebut ke Pondok Pesantren Daar Musyaffa Bil Quran,tak kuat menahan amukan sapi berbobot 750 kilogram itu, hingga akhirnya dilepaskan. Sapi pun lari masuk hutan.

"Jadi sapi ini ngamuk membahayakan warga yang antar sapi ini, akhirnya dilepaskan. Setelah itu, sapi lari masuk ke hutan," ucap Kepala Desa Sukajadi, Nurdin.

Dia mengatakan, warga sudah berusaha menangkap sapi tersebut. Namun, warga kesulitan karena kondisi wilayah yang perbukitan dan di dalam hutan.

"Akhirnya pagi ini, pas di hari Idul Adha, kami meminta bantuan dari Damkar Purwakarta. Alhamdulillah, sapi yang kabur ke hutan berhasil ditangkap kembali dan bisa langsung disembelih," ucapnya.

Nurdin menyebutkan, sapi tersebut merupakan sapi pemberian dari Habib Ibrahim Lutfi Alatas untuk Pondok Pesantren Daar Musyaffa Bil Quran.

"Habib Luthfi bin Yahya memberikan dua hewan kurban, yakni satu sapi dan satu domba untuk disembelih di Pondok Pesantren Daar Musyaffa Bil Quran," ujar Nurdin.

Sedangkan Komandan Regu Damkar Purwakarta, Sandi Arifin, mengatakan, proses penangkapan sapi yang kabur ke hutan berlangsung sekitar 45 menit.

"kami mendapatkan laporan Warga meminta kami untuk evakuasi sapi yang kabur ke hutan," ucap Sandi.

Untuk proses penangkapan, ia menyebutkan, tim Damkar Purwakarta menggunakan jerat yang sudah dipasang.

"Jadi kami memasang jerat, dengan harapan sapi ini bisa segera tertangkap dan tidak kembali kabur. Sekitar 45 menit, sapi berhasil ditangkap dan langsung kami antar ke tempat penyembelihan," ucapnya. 

Selama proses penangkapan, Sandi mengatakan sempat ada kesulitan karena sapi berada di hutan.

"Kemudian sapi juga sempat melawan. Tapi, akhirnya sapi bisa ditaklukkan juga,"katanya.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini