Sanur Medical Kompleks  Bertaraf Internasional, Tempat Berkumpul Dokter Upgrade Ilmu
Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur. Foto/Budiarta Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, BALI- Tak lama lagi Indonesia bakal memiliki rumah sakit bertaraf Internasional. 

Selama ini hampir dua juta penduduk Indonesia berobat ke luar negeri. Nantinya tidak perlu lagi jauh-jauh berobat keluar negeri.

Pasalnya di Dalam Negeri sudah di bangun rumah sakit, dan bakal rampung dan beroperasi pada awal tahun 2024.

Hal tersebut diungkapkan 
Menteri BUMN Erick Tohir, saat melakukan peninjauan terhadap progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Bali. Kamis, (06/07/2023). 

Erik menyatakan kawasan ini, akan dijadikan sebagai Kawasan Sanur Medical Kompleks bertaraf internasional, dan sekaligus dilengkapi hotel dan villa. 

Disamping untuk berobat,  tempat ini juga akan menjadi ajang tempat bertemunya dokter-dokter di Indonesia, untuk mengupgrading atau meningkatkan kemampuan dan ilmu di bidang kesehatan.

Sehingga dengan dibangunnya RS ini, akan mengurangi masyarakat Indonesia berobat ke luar negeri. 

Menariknya, setelah diresmikan diperkirakan bakal banyak dokter diaspora yang bakal ditarik ke Indonesia, atau pulang kampung untuk diberikan kesempatan untuk mengabdikan diri di Indonesia. 

"Masak 2 juta penduduk Indonesia berobat ke luar negeri. Dokter diaspora juga bakal pulang kampung nanti ke ndonesia," Kata Erik. 

Nantinya, kata Erik, BUMN akan mengintervensi dokter-dokter diaspora, yang selama ini kuliah dan bekerja di luar negeri, akan dipanggil untuk pulang ke Indonesia.

Diharapkan Medical Kompleks ini dapat dijadikan tujuan wisatawan untuk berobat selain untuk berwisata di Bali. 

Tak hanya itu, lanjut Erick Tohir,  kawasan ini bakal dilengkapi rumah sakit manula, yang diperuntukkan bagi lansia atau orangtua, dengan dilengkapi fasilitas penginapan  seperti villa maupun hotel. 

"Tujuannya sama untuk mendorong  pariwisata di Bali. Apalagi tanpa merubah kawasan Sanur yang terkenal akan wisatawannya yang tinggalnya lama.

"Banyak turis yang tinggal lama di Sanur dan kebanyakan berumur," Jelas Erik. 

Meski ditargetkan beroperasi pada awal tahun tepatnya Januari 2024. Namun, bulan September 2023 bakal dilakukan soft opening  pada empat lantai yang siap beroperasi.

Ditambah area exhibition tempat meeting terbesar di Bali. Yang bakal menampung 5000 orang dengan 20 ruangan.

"Ini terbagus dan terbesar di Bali," Ucapnya. Seraya menambahkan bahwa tempat ini sudah di booking 5 tahun ke depan sebagai tempat konference medical. 

Lebih jauh disebutkan, Sanur adalah kawasan pertama di Indonesia yang ditingkatkan secara kompetitif. 
Yang dilakukan bukan perubahan menyeluruh bagi kawasan Sanur. Namun, perubahan secara kontinuitas dan perubahan menuju arah perbaikan, ditingkatkan. 

 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini