Sambut Silaturahmi FIM, Kadis DPMP4 Abdya : Imuem Mukim Bagian dari Pemerintah
Pertemuan DPMP4 Abdya dengan imuem mukim, Selasa (21/2/2023). Foto: Maisir for Gumpalannews

Gumpalannews.com, ACEH BARAT DAYA - Kepala Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, Nur Afni Muliana menyambut baik kedatangan Forum Imuem Mukim (FIM) kabupaten setempat.

Tujuan dan maksud kedatangan FIM Abdya itu ke DPMP4 tersebut untuk melakukan koordinasi tetang kewenangan dalam melaksanakan tugasnya dalam memimpin kemukiman yang di bawah kecamatan masing-masing.

"Para Imum mukim yang hadir hari ini adalah yang sudah terpilih dan definitif untuk melakukan koordinasi dengan DPMP4, karena mukim ini juga salah satu bagian kegiatan dari pemerintah," ucap Nur Afni, Selasa (21/2/2023).

Tujuan melakukan pertemuan ini, kata Afni, ketika nanti ada kegiatan-kegiatan di desa yang di bawah kemukiman yang mereka pimpin.

"Memang ada beberapa tugas dari mukim itu untuk mengawasi beberapa desa yang di bawah tanggung jawab camat, dan mukim juga mempunya tanggung jawab masalah pembagunan, pembinaan ke masyarakatan dan peningkatan pelaksanaan syariat Islam," katanya.

Selanjutnya Afni juga menyampaikan FIM ini melakukan koordinasi dengan pihaknya sudah sangat tepat, karena di DPMP4 juga ada beberapa hal yang melibatkan Mukim seperti kegiatan yang bersifat sosial, kemasyarakatan, dan persoalan-persoalan yang ada di setiap desa. Karena di setiap desa memiliki persoalan masing-masing, maka dari itu untuk melakukan persamaan persepsi.

"Cara kita melakukan persamaan persepsi itu dengan cara musyawarah dan mupakat, karena kenapa kalau kita melakukan azas-azas tersebut Insyaallah apa yang kita laksanakan dan apa yang kita inginkan pasti akan terlaksana dengan baik" ucapnya

Selajutnya Kadis DPMP4 ini juga berharap kepada FIM Abdya ini agar bisa bekerja sama dengan desa-desa di bawah kemukiman masing-masin

"Harapan kita kepada forum imum mukim ini bisa bekerja sama dengan para aparatur desa, keuchik, dan tuha peut yang ada di desa masing-masing, untuk menjadi sebagai orang tua dalam menyikapi persolan yang ada di desa, tidak dengan cara mengedepankan emosi tapi dengan cara mengedepankan azas musyawarah dan mupakat," harap Kadis DPMP4 Abdya Nur Afni Muliana. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini