Breaking News

Ribuan Warga Palembang Padati Sungai Musi, Saksikan Lomba Ini
Masyarakat Palembang antusias nonton Bidar di Sungai Musi Foto : Fatkur/Gumpalan

Gumpalannews.com, PALEMBANG - Ribuan orang tumpah ruang di sepanjang pinggiran Sungai Musi, Palembang untuk menyaksikan lomba Bidar dan perahu hias dalam rangka memeriahkan  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. 

Bidar ini merupakan perlombaan tradisional khas Sumatera Selatan yang wilayahnya dibelah oleh Sungai terpanjang di Pulau Sumatra ini. Para pengunjung sangat antusias sejak pagi hingga final di sore hari, Minggu (20/8/2023).

Suasana lomba Bidar dan perahu hias dalam rangka memeriahkan  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Foto/dok Humas Pemprov Sumsel. 

Agenda tahunan ini selalu berhasil menyedot perhatian penonton namun pada tahun ini animo penonton sangat tinggi jika dibandingkan dengan tahun lalu. 

Gubernur  Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan lomba bidar dan perahu hias kali ini terbilang  sukses  karena berhasil menarik minat warga untuk menonton secara langsung tim kebanggaannya ikut dalam lomba. 

"Karena itu saya berharap agenda ini harus rutin digelar setiap tahunnya dengan konsep terus ditingkatkan sehingga hiburan masyarakat semakin menarik,"ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemkot Palembang Kgs Sulaiman Amin menjelaskan lomba bidar dan perahu hias ini untuk menghidupkan kembali tradisi lomba bidar memeriahkan hari kemerdekaan RI. Selain itu juga merupakan sarana promosi destinasi wisata  di kota Palembang.

"Ada 7 tim yang ikut lomba  bidar meliputi tim Dinas Perhubungan Kota Palembang, PT. Pupuk Sriwijaya, Dulur Ernada, Pemdes Soak Batok (Kab OI), Kabupaten Ogan Ilir, Mang Heri Group, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Prov. Sumsel.

"Sedangkan peserta lomba perahu motor hias diikuti oleh 25 tim yang berasal dari masyarakat umum dan beberapa instansi,"ungkapnya.(*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini