Resmikan TPA Inti Nurul Mukhlisin, Pj Bupati Nagan Raya: untuk Generasi Qur’ani
Pemotongan pita peresmian TPA Inti Nurul Mukhkisin dilakukan oleh Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si, Selasa (14/2/2023). Foto: Teuku Rahmat/Gumpalannews

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Pejabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP, S.Sos, M.Si meresmikan TPA Inti Nurul Mukhlisin di Desa Kuala Tuha, Kecamatan Kuala pesisir, kabupaten setempat, Selasa (14/2/2023).

Pada momentum peresmian Tempat Pengajian Al-Qur'an (TPA) tersebut, kedatangan Pj Bupati Fitriany Farhas dan rombongan disambut tarian Ranup Lampuan oleh anak-anak TPA setempat.

Dalam arahannya, Pj Bupati Fitriany dalam mengatakan bahwa TPA adalah unit pendidikan non formal jenis keagamaan berbasis komunitas muslim yang menjadikan Al-qur’an landasan pembelajaran.

Dengan materi utamanya dan diselenggarakan dengan suasana yang indah bersih, rapi, nyaman dapat dijadikan sebagai cerminan nilai simbolis dan filosofis  dari kata “Taman” yang dipergunakan TPA.

"Bertujuan menyiapkan generasi terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap Al-Qur’an sebagai sumber perilaku pijakan hidup dan rujukan segala urusannya," ujarnya.

Menurut Pj bupati, hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap Al-qur’an, mampu dan rajin membacanya secara terus menerus, mempelajari isi kandungannya dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkan secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari. 

Pj Bupati Fitriany (pakaian hijau) menandatangani prasasti peresmian TPA Inti Nurul Mukhlisin, Selasa (14/2/2023). Foto: Teuku Rahmat/Gumpalannews

"Pendidikan TPA adalah lembaga pendidikan baca Al-Qur’an untuk usia sekolah dasar (SD), yaitu enam sampai dua belas tahun. Setiap muslim yang mukmin berkewajiban mendidik anak-anaknya dengan pendidikan yang baik dan benar, sehingga mereka tumbuh dewasa menjadi anak-anak yang shaleh," kata Pj bupati.

Selain itu, Fitriany juga mengajak peserta yang hadir untuk mendukung pelaksanaan syariat islam secara kaffah di Nagan Raya. Hal itu dapat diwujudkan dengan berbusana muslim/muslimah, memakmurkan mesjid dengan shalat berjamaah, peningkatan pemahaman ilmu agama melalui pengajian di TPA atau pesantren.

"Kemudian juga menciptakan kader hafiz-hafizah di daerah kita sehingga akan terciptanya generasi anak-anak insan Qur’ani," pinta Pj Bupati.

Selanjutnya, Fitriany mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat, khususnya kepada panitia pembangunan dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam rangka membangun TPA ini.

Pj Bupati Fitriany di kegiatan peresmian TPA Inti Nurul Mukhlisin, Selasa (14/2/2023). Foto: Teuku Rahmat/Gumpalannews

Dengan adanya TPA baru ini, sebagai kepala daerah Fitriany juga berharap akan dapat menambah semangat peserta didik untuk mengaji dan lebih meningkatkan kecintaan yang mendalam terhadap Al-Qur’an.

Di akhir sambutannya, Pj bupati mengucapkan selamat atas selesainya pembangunan TPA yang indah ini dan serta dapat dipergunakan dengan baik oleh pengurus TPA.
 
"Agar TPA ke depan dikelola dengan baik. Kepada ustad-ustadzah serta anak-anak kami agar dapat menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan TPA yang kita cintai ini," pungkas Pj Bupati Fitriany Farhas.

Sementara itu, Pimpinan TPA Inti Nurul Mukhlisin, Tgk Abdul Samad menjelaskan sejarah singkat tentang pendirian TPA yang dipimpinnya itu. Dikatakannya, bahwa TPA tersebut berdiri setelah terjadinya bencana gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada tahun 2004 lalu.

Setelah pendirian tersebut, aktivitas TPA masih berjalan hingga saat ini. Namun sejak pendiriannya, TPA Inti Nurul Mukhlisin, belum diresmikan dan akhirnya secara langsung diresmikan oleh Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas.

Dengan adanya peresmian, ucap Tgk Abdul,  diharapkan TPA ini menjadi TPA kebanggaan, yang mampu melahirkan anak didik yang memiliki pengetahuan ilmu agama dan mampu membaca Al-qur'an dengan sempurna.

"Kita berharap agar bisa menciptakan anak-anak yang shaleh dan menjadi idaman kita semua, berguna bagi orang tua, agama, nusa dan bangsa," ujarnya.

Lebih lanjut, Tgk Abdul menyampaikan jumlah santri/santriwati yang menimba ilmu agama di TPA ini setidaknya sebanyak 200 orang dan tenaga pengajar delapan orang. Untuk santri dan santriwati sendiri diketahui berasal dari dalam desa maupun dari luar Desa Kuala Tuha.

 "Anak-anak tersebut belajar ngaji mulai dari pukul 15.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB di lima ruang kelas, untuk mata pelajarannya sendiri mulai dari Iqra sampai Al-Qur'an," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Keuchik Kuala Tuha, Heri Dermawan Adnan mengucapkan terima kasih atas kehadiri Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas dan rombongan untuk meresmikan Gedung TPA ini.

"Kita berharap TPA ini kedepannya bisa menjadi pesantren dan mampu melahirkan manusia-manusia berilmu agama dan bisa dimanfaatkan untuk dunia dan akhirat," tuturnya.

Peresmian TPA Inti Nurul Mukhlisin di Desa Kuala Tuha ini ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Pj Bupati Fitriany Farhas disertai _peusijuk_ atau epung tawar gedung baru.

Selain Pj Bupati Fitriany, prosesi peusijuk ini juga dilakukan oleh pimpinan TPA Inti Nurul Mukhlisin Tgk Abdul Samad dan donatur gedung baru TPA, Muhammad Rizki Ramadhan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda, Forkopincam Kuala Pesisir, kadis Syariat Islam, kadis DPMGP4, kadis Kesehatan, kadis Pendidikan, para keuchik se Kecamatan Kuala pesisir serta tamu undangan lainnya. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini