Puluhan Anak Muda Perdesaan Purwakarta Antusias Ikut Seminar Terbuka Career Readyness. 

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpusda) bersama Politeknik Enjinering Indorama, di aula Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Rabu (24/7/2024). Foto/ Dok Panitia

Gumpalannews.com, PURWAKARTA-Untuk menggugah generasi muda di pedesaan supaya cakrawalanya terbuka luas, Puluhan anak muda Perdesaan terlihat antusias mengikuti giat seminar terbuka yang di selenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Disarpusda) bersama Politeknik Enjinering Indorama, di aula Desa Taringgul Tonggoh, Kecamatan Wanayasa, Rabu (24/7/2024). 

Kepala Disarpusda Purwakarta, Asep Supriatna, mengatakan, seminar ini lebih menitikberatkan pada pengetahuan mengenai kesiapan anak muda pedesaan, jika mereka hendak berkarir atau bekerja dan juga hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Tema dari seminar ini career readyness. Serta, ada tips dan trick juga dalam mempersiapkan kuliah terutama dalam pemilihan kampusnya,” ujar Asep.di sela sela giat seminar, Rabu (24/7/2024). 

Menurutnya, seminar terbuka bersama perguruan tinggi ini, merupakan implementasi dari pelibatan masyarakat pada program TPBIS.

Sehingga, melalui pelatihan softskill atau career readyness ini, para pemateri menyuguhkan tips dan trik persiapan kuliah, pemilihan kampus atau bekerja.

Seminar ini, pembicaranya juga tidak kaleng-kaleng. Karena, menghadirkan narasumber utama yaitu Dosen Politeknik Indorama, Widia Andayani.

“Kalau dari kita ada Pustakawan Ritta Utami. Seminar ini, diikuti oleh peserta sebanyak 40 anak muda,” ujar Asep.

Munurut Asep, dalam menerapkan program TPBIS di tengah-tengah masyarakat, pihaknya menggandeng perguruan tinggi. Tujuannya, untuk menggugah generasi muda di pedesaan supaya cakrawalanya terbuka luas.

Terutama, dalam hal menyiapkan diri di dunia kampus ataupun dunia kerja. Seperti, bagaimana cara membuat surat lamaran, curiculum vitae, sampai penjelasan mengenai kesiapan memasuki dunia kampus.

Dengan cara ini, diharapkan anak-anak muda di pedesaan menjadi termotivasi, ketika mereka ingin bekerja ataupun berkuliah.

“Minimal, mereka mengetahui sedikit gambaran tentang dunia kerja ataupun dunia kuliah. Supaya, tidak kaget,” jelas Asep.

Sementara itu, Kepala Desa Taringgul Tonggoh, Eep Saepul Malik SPd.i, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dengan digelarnya seminar terbuka ini. Apalagi, sasarannya adalah anak-anak muda di pedesaan.

“Kegiatan ini sangat positif, makanya kita sangat mendukung dan berterima kasih kepada Disarpusda dan Poltek Indorama yang telah memperhatikan generasi muda di desa kami. Harapannya seminar seperti ini diperbanyak lagi supaya wawasan anak muda desa semakin bertambah,” harap kades. 

Editor: Redaksi