Program TMMD ke-119 Kodim Abdya Aceh Wujudkan Impian Warga
Warga antusias membantu pembangunan jalan di desa Alue Manggota dalam program TMMD, Jum'at (23/2/2024). Foto: Zar for Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, ACEH BARAT DAYA - Masyarakat Desa Alue Manggota, Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) sumringah. Mereka bahagia. Melalui program TMMD ke-119, Kodim 0110/Abdya akan membangun jalan akses menuju area perkebunan milik warga yang berada di wilayah pegunungan.

Bukan tanpa alasan, warga di daerah itu telah lama memimpikan hadirnya 'orang baik' untuk membuka akses jalan yang layak. Kini impian yang diidam-idamkan warga akan terwujud dan menjadi kenyataan. Mereka antusias menyambut program tersebut dan ikut berpartisipasi dengan cara bergotong-royong.

Selain jalan akses, rencananya dalam program TMMD ke-119 ini juga akan menyasar sejumlah infrastruktur fisik lainnya, seperti pembukaan badan jalan, pembuatan jembatan, juga pembuatan gorong-gorong. Selain warga, sinergitas juga ditunjukkan oleh para Bhabinkamtibmas dan perangkat desa.

Salah satu warga, M Daud (54) mengatakan selain bertani sawah, sumber ekonomi masyarakat Desa Alue Manggota bertumpu pada hasil perkebunan. Komoditinya antara lain, sawit, pala, jengkol, durian, manggis, cengkeh dan petai.

“Namun sayang hasilnya tidak terpetik, karena tidak ada jalan. Hanya beberapa karung  yang bisa kami pikul. Jangankan mobil, motor pun tidak bisa masuk,” ungkap M Daud usai gotong royong di lokasi, Jumat (24/2/2024).

Menurut dia, partisipasi warga dalam membantu Satuan Tugas (Satgas) TMMD, murni dari keikhlasan hati. Warga menginginkan kemudahan akses jalan sehingga mreka bisa mengangkut hasil perkebunan dengan mudah.

"Jika hasil kebun bisa dibawa pulang dan dipasarkan, InsyaAllah perekonomian warga juga akan lebih meningkat," kata Daud.

Warga menganggap bantuan tenaga tersebut merupakan bentuk kompensasi dari mimpi mereka yang menginginkan adanya akses jalan yang baik ke pegunungan.

“Insyallah, sampai dengan selesai kami akan hadir membantu. Karena melalui program TMMD ini impian kami bisa terwujud,” singkat Daud. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini