Profil Tiga Bacaleg DPRA Asal Simeulue Paling Populer Versi Gumpalan
Foto Kantor DPRA di Banda Aceh. Foto/dok Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, SIMEULUE - Tiga Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) asal Simeulue paling populer versi Gumpalannews.com yang bakal betarung pada pemilu 2024 mendatang.

Selain populer, ketiga bacaleg DPRA asal Simeulue ini, dikenal mempunyai basis massa yang kuat, plus dukungan finansial yang mumpuni, hingga tak heran ketiga figur tersebut memiliki peluang besar untuk meraih kursi DPRA pada Pemilu 2024 mendatang.

Berikut Profil Tiga Bacaleg DPRA Terpopuler versi Gumpalan

Pertama, Ir. Iskandar dari Partai Golkar. Saat ini Iskandar menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Simeulue. Iskandar memiliki sokongan finansial yang cukup dan basis massa yang kuat untuk bertarung pada pemilu 2024.

Terlebih Iskandar diuntungkan karena satu-satunya, "Anak Pasar" Kota Sinabang yang berlaga pada perhelatan Pemilu 2024.

Ir. Iskandar Bacaleg DPRA Dapil dari Partai Golkar saat menyampaikan keluhan masyarakat terkait pelayanan Kapal Aceh Hebat 1 dilarang sandar di Pelabuhan Calang. Foto/dok Gumpalannews.com

Iskandar yang juga teman satu leting SMA Pj Bupati Simeulue Ahmadlyah ini, diperkirakan akan mendapatkan suara penuh di wilayah kota Sinabang, Teupah Selatan, Teupah Tengah dan Teupah Barat.

Iskandar lahir di Sinabang 28 September 1964, anak dari pasangan Alm. Muhammad Zaid dan almarhumah Syukyah, kedua orang tau Iskandar merupakan warga Labuhan Bakti Kecamatan Teupah Selatan.

Alm. Muhammad Zaid orang tua kandung Ir. Iskandar merupakan salahsatu tokoh pemekaran Kabupaten Simeulue. Iskandar menamatkan Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Sinabang pada Tahun 1978, dan melanjutkan ke SMP Negeri 1 Sinabang Lulus Tahun 1981.

Di SMA Negeri Sinabang, Iskandar, hanya sampai kelas 1. Oleh orang tuanya Iskandar dipindahkan ke SMA Adidarma Banda Aceh dan Lulus tahun 1984.

Iskandar kemudian berhasil masuk ke Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam - Banda Aceh, dan meraih sarjana pada tahun 1990.

Selama di kampus Unsyiah, Iskandar menjadi aktifis mahasiswa dan aktif diberbagai organisasi Mahasiswa. Iskandar pernah menjadi Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Pertanian (BPM) Fakultas Pertanian Unsyiah 1986-1987.

Wakil Ketua HMI Cabang Banda Aceh 1986 sampai dengan 1988 selama dua periode. Wakil Ketua Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Kota Banda Aceh 1992- 1995.

Wakil Ketua Angkatan Muda Pembaharuan (AMPI) Aceh 2011-2015. Koordinator Presidium Majelis Daerah Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam ( MD KAHMI) Simeulue Sampai sekarang.

Kedua, Ihya Ulumuddin, S.P, M.H, dari Partai PKS. Saat ini ia merupakan anggota DPRK Simeulue 2019-2024.  Sejak 5 tahun lalu, Ihya sudah populer, dikenal banyak pihak, dekat dengan nelayan, para petani, dan pemuda. Ihya kerab tampil menghiasi media massa untuk menyuarakan dan membela kepentingan masyarakat. 

Pria yang akrab disapa Andung Ihya Ullumuddin atau A.I.U ini juga memiliki basis massa yang kuat di Kecamatan Simeulue Barat, Kecamatan Alafan, Salang, dan Kecamatan Teluk Dalam, hingga Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Simeulue. 

Tidak hanya populer di Simeulue, A.I.U juga berpotensi didukung di tiga Kabupaten diluar Simeulue, seperti Kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat dan Aceh Jaya. Terlebih, Ihya Ulumudin merupakan Alumni dari Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Meulaboh Tahun 1996.

Ihya Ullumuddin SP, MH Bacaleg DPRA Dapil 10 dari Partai PKS. Foto/dok Ihya Ullumuddin. 

Setelah lulus, Ihya melanjutkan jenjang pendidikan menengah atas nya di SMA Negeri 3 Meulaboh dan menyelesaikan studi kesarjanaan nya di Universitas Teuku Umar Meulaboh Jurusan Pertanian Tahun 2008.

Ihya dikenal sebagai sosok yang haus ilmu. Tak puas di level sarjana, ia mengambil Program Magister Hukum di Universitas Darma Agung Medan. Pendidikan S2 ini diselesaikan tahun 2022. Ihya merupakan mantan aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII). 

Kepada Gumpalannews.com Ihya mengatakan, dirinya juga berhasil mengantar dua orang atlit futsal Simeulue untuk memperkuat Tim futsal Aceh, pada Event Nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh - Sumut tahun 2024 mendatang.

Saat ini melalui pokok-pokok pikirannya, Ihya Ullumuddin, mengusulkan pembangunan lapangan futsal standar Nasional sebagai sarana untuk mengorbitkan atlit-atlit Simeulue, yang bertalenta untuk kemajuan olah raga futsal Simeulue mendatang.

Ketiga, Nusar Amin, S.Pd, dari Partai Nasdem. Saat ini Nusar merupakan Anggota DPRK Simeulue 2019-2024. Nusar, memiliki basis massa yang kuat di empat kecamatan yakni Kecamatan Simeulue Tengah, Salang, Teluk Dalam, dan Simeulue Cut. 

Nusar Amin, S.Pd Bacaleg DPRA Dapil 10 dari Partai Nasdem. Foto/dok Nusar. 

Diketahui, Nusar Amin, S.Pd Lahir di Kampung Air 4 Agustus 1959. Nusar merupakan mantan PNS dan pernah menjadi Kepala sekolah SMA Negeri 1 Simeulue Tengah pada kurun waktu 2005 hingga 2014.

Pemilu 2014 silam, mengantarkan Nusar Amin menjadi Anggota DPRK 2014 hingga sekarang. Nusar sudah dua periode dipercaya masyarakat menjadi wakil di DPRK yakni periode 2014 - 2019 dan periode 2019 - 2024.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini