PPKM Dicabut, Pemkab Nagan Raya Hadiri Meeting Virtual dengan Kemendagri
Pemkan Nagan Raya ikuti zoom meeting dengan Kemendagri, Senin (2/1/2022). Foto: Teuku Rahmat/Gumpalannews

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si, diwakili Sekda, Ir H Ardimartha, ikuti zoom meeting dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pencabutan status PPKM.

Kegiatan yang diikuti dari Aula Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Senin (02/01/2023) itu, turut didampingi oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, para Kepala SKPK serta Kabag Ekonomi Setdakab.

Kegiatan Zoom Meeting membahas penjelasan Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan Radiogram Nomor 400.5.1/01/SJ tanggal 01 Januari 2023.

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, diwakili Wamendagri, John Wempi Wetipo, mengatakan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah resmi mengumumkan tentang pencabutan PPKM pada Jum'at 30 Desember 2022 lalu.

Wamendagri menyebutkan, pengumuman Presiden tersebut sekaligus mencabut Instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 tahun 2022 terkait pelaksanaan PPKM serta diganti dengan Instruksi Mendagri Nomor 53 tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada masa transisi menuju endemi yang diterbitkan pada hari yang sama.

Katanya, walaupun telah dicabut PPKM, tapi status pandemi tetap masih berlaku di dunia seraya menunggu keputusan dari World Health Organization (WHO) yang merupakan organisasi kesehatan dunia. 

"Dan pencabutan PPKM di Indonesia sewaktu-waktu dapat diberlakukan lagi dengan cepat seandainya ada kasus baru atau terjadi lonjakan kasus," ucap Wamendagri John Wempi. 

Lebih lanjut Wamendagri menghimbau Pemerintah Daerah untuk selalu mengingatkan masyarakat supaya menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker di tempat keramaian, melakukan sanitasi dan lain sebagainya.

"Semoga di awal tahun 2023 ini Indonesia terbebas dari segala penyakit dan masalah seperti inflasi yang terjadi menimpa kita dan lain sebagainya, serta di berikan kebaikan untuk tahun 2023," pungkas Wamendagri. 

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dan Sekretaris Menteri Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, melaporkan kepada Kemendagri terkait kesiapan pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi pancabutan PPKM atau masa transisi dari pandemi ke endemi Covid-19 itu.

Selain diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, kegiatan zoom meeting tersebut diikuti gubernur dan bupati/walikota seluruh Indonesia. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini