Pj Bupati Nagan Raya Buka Program Pasar Murah untuk Warga, PNS Dilarang Beli
Pj Bupati Fitriany Farhas memantau salah satu pasar di Nagan Raya, Kamis (22/2/2024). Foto: For Gumpalannnews.com

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Dalam rangka mengendalikan inflasi dan menyambut bulan suci Ramadan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) menggelar pasar murah.

Kegiatan pasar murah yang turut dihadiri wakapolres, mewakili Dandim 0116, anggota DPRK, para kepala SKPK dan Camat Kuala Pesisir itu dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si berlangsung di Kantor Keuchik Arongan, Kuala Pesisir, Kamis (22/2/2024)

Seperti diketahui, pada Senin, 19 Februari 2024 lalu, Pj Bupati Fitriany juga telah melaunching Gerakan Pangan Murah (GPM) melalui Dinas Kelautan Perikanan dan pangan (DKPP), itu semua merupakan salah-satu bentuk ikhtiar pemkab dalam hal mengendalikan inflasi di Kabupaten Nagan Raya.

Dalam sambutannya, Fitriany menyampaikan, kegiatan pasar murah ini secara rutin sudah  dilaksanakan setiap tahunnya, hal tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah yang secara langsung ke masyarakat  dalam hal pemenuhan kebutuhan bahan pokok.

"Pasar murah menjadi salah satu langkah strategis menekan laju inflasi, dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok yang saat ini sebagian di antaranya melambung tinggi," ujar Fitriany.

Disebutkan, pergelaran pasar murah tersebut dikhususkan untuk masyarakat di kabupaten Nagan Raya. Bagi Pegawai Negara Sipil (PNS), dilarang untuk membeli di pasar murah ini. Fitriany berharap, jika kedapatan PNS membeli, maka bisa dilaporkan lengkap dengan buktinya.

"Nanti akan kita tanyakan alasan membeli pasar murah, karena pasar murah ini di khususkan untuk masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Nagan Raya," tegasnya.

Selain mengenai pasar murah, Pj Bupati juga mengingatkan kembali kepada masyarakat yang hadir di acara tersebut untuk membuat pangan lestari di sekitaran rumah.

"Saya tidak bosan-bosan mengajak masyarakat membuat pangan lestari. Bagi yang sudah buat, ayo diajak keluarga dan rekan-rekannya, bagi yang belum buat ayo dibuat. Tentang bagaimana merawat tanaman pangan lestari seperti cabe, tomat terung dan lain sebagainy,a nanti dapat dikonsultasikan dengan Dinas Pertanian dan Peternakan," pinta Fitriany.

Pada kesempatan itu juga, Pj Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Nagan Raya juga telah menggelar GPM dengan komoditi yang disediakan juga hampir sama. Kegiatan GPM dari Dinas Kelautan Perikanan dan Pangan, sedang pasar murah ini dari Disperindagkop dan UKM.

"Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat Kabupaten Nagan Raya sedikit terbantu dalam hal memperoleh kebutuhan pokok sehari-hari," pungkas Pj Bupati Fitriany.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Zulfiratmi, ST melaporkan bahwa kegiatan pasar murah ini merupakan agenda rutin yang dananya berasal dari DIPA Disperindagkop dan UKM Nagan Raya tahun 2024.

Dengan tingginya barang-barang kebutuhan pokok lanjut Zulfiratmi, dimana barang mengalami kenaikan, sehingga masyarakat mengalami kewalahan dalam membeli barang terutama bahan pokok.

"Disinilah Pemkab Nagan Raya merasa terpanggil guna membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok melalui pasar murah ini. Dan hari ini adalah hari ketiga pasar murah yang dilaksanakan di Desa Arongan dan dibuka langsung oleh Pj Bupati, dilanjutkan di titik-titik lokasi lain di semua kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya sampai tanggal 29 Februari 2024," tutup Zulfiratmi.

Adapun yang disediakan pada pasar murah ini meliputi beras, gula, minyak makan dan telur yang semua itu sudah disubsidi oleh pemerintah.

Usai membuka pasar murah, Pj Bupati Fitriany Farhas beserta rombongan melakukan peninjauan pasar kamis di Desa Arongan, untuk mengecek kestabilan harga sembako, dan menanyakan harga kebutuhan dapur seperti cabai, tomat, bawang dan kebutuhan dapur lainnya kepada pedagang yang berjualan di pasar tersebut.

Sebagai Informasi, jadwal dan lokasi pasar murah yang dilaksanakan oleh Pemkab Nagan Raya dalam rangka menekan inflasi dan menyambut bulan suci Ramadan yaitu:

1. Selasa, 20 Februari 2024 di Gampong Meureubo, Suka Makmue.

2. Rabu 21 Februari 2024 Gampong Blang Ara, Seunagan Timur.

3. Rabu, 21 Februari 2024 di Gampong Blang Ara, Seunagan Timur.

4. Jum'at, 23 Februari 2024 di Gampong Kulu, Seunagan.

5. Minggu 25 Februari 2024 di Gampong Blang Pu'uk, Beutong Ateuh Banggalang.

6. Senin 26 Februari 2024 di Gampong Kabu, Tripa Makmur.

7. Selasa 27 Februari 2024 di Gampong Ule Jalan, Beutong.

8. Rabu 28 Februari di Gampong Pulo Tengoh, Darul Makmur.

9.  Kamis 29 Februari 2024 di Gampong Puloe Ie, Kuala. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini