Breaking News

PJ Bupati Lepas 3 Penegak Pramuka Aceh Utara Ikut Jambore Dunia
Pj Bupati Aceh Utara melepaskan dan mengapresiasi anggota Pramuka Aceh Utara untuk mengikuti Jambore Dunia ke-25 (World Scout Jamboree) di Saemangeum, Korea Selatan. Foto/dok. Pramuka Kwartir Cabang Aceh Utara.  

Gumpalannews.com, LHOKSEUMAWE - Pramuka Kwartir Cabang Aceh Utara memberangkatkan 3 anggota Pramuka Penegak untuk mengikuti Jambore Dunia ke-25 (World Scout Jamboree) di Saemangeum, Korea Selatan.

Jambore Dunia akan digelar mulai tanggal 2 sampai 12 Agustus 2023 di Saemangeum, Korea Selatan yang dilaksanakan oleh World Organization of Scout Movement (WOSM).

Tiga anggota Pramuka Penegak tersebut secara resmi dilepas oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Mahyuzar, pada Jumat malam (28/7/2023) di Pendopo Bupati Aceh Utara. 

Pelepasan dilakukan dengan sangat sederhana dan penuh keakraban. Dimana Pj Bupati yang juga sebagai Kamabicab Pramuka Aceh Utara mengobrol langsung dengan 3 peserta yang akan mengikuti Jambore Dunia. 

Selain itu Mahyuzar juga mengobrol dengan orang tua peserta Pramuka yang didampingi Ketua Pramuka Aceh Utara, Fauzi Yusuf serta para pengurus lainnya.

"Adik-adik harus benar-benar serius dalam mengikuti kegiatan Jambore Dunia nantinya, agar pengalaman yang didapat bisa memotivasi untuk ditularkan kepada anggota Pramuka lainnya," ujar Mahyuzar.

Pj Bupati juga berharap peserta dari Aceh Utara yang akan bergabung bersama Kwarda Pramuka Aceh dan masuk dalam Kontingen Pramuka Indonesia ini dapat turut serta memperkenalkan Indonesia, khususnya Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Utara. 

"Kalian harus ikut memperkenalkan Indonesia kepada dunia luar melalui Jambore Dunia. Baik dari segi aspek sosial, ekonomi, budaya dan pariwisata. Hal tak kalah penting, menaati seluruh norma dan aturan yang berlaku serta dapat menjaga nama baik dan wibawa Provinsi Aceh khususnya Aceh Utara," pinta Mahyuzar.

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar dalam sambutannya antara lain mengatakan, ia bangga dengan prestasi ketiga duta Pramuka yang akan menuju ke Korea Selatan untuk mengikuti jambore internasional.

"Saat ini gerakan Pramuka tidak sama kondisinya dengan masa dulu. Mengingat Pramuka juga harus mengikuti perkembangan zaman, tapi tentunya tanpa mengorbankan identitas, nilai-nilai dan tujuan dari gerakan Pramuka itu sendiri. Sehingga gerakan Pramuka harus berperan aktif membangun kaum muda yang tangguk kepribadiannya, luhur budi pekertinya serta mampu menjaga harmoni sesuai nilai-nilai tri satya dan dasa darma Pramuka," ujarnya.

Untuk informasi, adapun peserta yang lolos ke Jambore Dunia ke-25 dari Aceh Utara adalah, Siti Zahwa, Wifda Dinia, dan Rafi Alfachrezi yang berasal dari Dayah Terpadu Al-Muslimun Lhoksukon. Nantinya tiga peserta ini akan bergabung 20 peserta lain dari kabupaten/kota di Provinsi Aceh. 

Peserta dari Kwarda Aceh ini akan bergabung dengan kontingen Pramuka Indonesia yang berasal sejumlah provinsi lainnya, yang secara nasional untuk mengikuti Jambore Pramuka Dunia tahun 2023 di Sae Man Geum, Jeollabuk- do, Korea Selatan pada 1 hingga 12 Agustus 2023, dengan tema 'Draw your Dream! Make your Dreams Come true!'. 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini