Pilwako Palembang Mengerucut Pada Tiga Pasang, Gerindra Partai Paling Berpengaruh

,
Ilustrasi pemungutan suara Pilkada . Foto : Fatkur/Gumpalannwes.com

Gumpalannews.com, PALEMBANG - Jelang mendekati masa pendaftaran Pemilihan Walikota Palembang 2024 berbagai manuver dilakukan partai politik termasuk dengan menurunkan kadernya untuk maju sebagai bakal calon walikota ataupun calon wakil walikota Palembang. Kandidat yang muncul mulai ada kejelasan mengenai parpol pengusung.

Sampai jelang pertengahan Juli 2024 ini, baru Yudha Pratomo Mahyuddin yang sudah resmi mendapat partai pengusung yakni dari Partai Demokrat dan PKS.

Pengusaha dan dosen ini sudah mendapatkan SK dukungan parpol dari DPP Partai Demokrat dan DPP PKS yang bakal berpasangan dengan Baharuddin Ketua DPC PKS Kota Palembang. Dukungan dari dua partai tersebut, pasangan Yudha - Bahar sudah memenuhi persyaratan minimal pencalonan 10 kursi untuk Kota Palembang.

"Benar PKS saat ini mengusung sejumlah kadernya di Pilkada serentak 2024 di Sumsel, salah satunya di Kota Palembang yang mengusung Baharuddin sebagai Calon Wakil Walikota Palembang,"ungkap Ketua Bidang Media DPW PKS Sumsel Syaiful Fadli. Kamis, (11/07/2024). 

Sedangkan kandidat lain seperti Ratu Dewa Mantan PJ Walikota dan Sekda Kota Palembang ini yang dinilai sebagai kandidat potensial hingga saat ini belum ada dukungan resmi partai pengusung yang bakal mengusungnya. Namun opini media yang berkembang belakangan ini, RD sapaannya disebut-sebut bakal berpasangan dengan Prima Salam (PS) Ketua DPC Gerindra Kota Palembang. 

"Kita dari Gerindra Kota Palembang intinya menunggu perintah DPP,"ujar Prima Salam kepada media.

Selain itu ada juga kandidat kuat lainnya yakni Fitrianti Agustinda Ketua DPC Nasdem Kota Palembang yang juga Wakil Walikota Palembang 2018 - 2023. Saat ini publik, juga menunggu kira-kira bakal berpasangan dengan siapa dan diusung oleh partai apa. Saat ini partai Nasdem yang menjadi partai yang menaunginya juga belum mengeluarkan rekomendasi secara resmi.

Gerindra, Partai Paling Berpengaruh di Pilwako

Berdasarkan kajian elektoral, ada beberapa partai yang memiliki pengaruh elektoral terkait dukungan pada pilwako jelang pemdaftaran ini. Partai gerindra menjadi pertai paling positif mempengaruhi dinamika elektoral pilwako Palembang disusul PKS dan Demokrat.

Jika mengacu pada jajak pendapat terhadap pengguna akun media sosial di 6 dapil Kota Palembang pada bulan Juni 2024, oleh BDRC, simulasi menunjukkan jika dukungan Partai Gerindra terhadap calon memiliki dampak paling positif terhadap elektoral calon tersebut, disusul PKS dan Demokrat.

Dukungan Gerindra mendongkrak elektoral sekitar 4 - 5 persen dari elektoral kandidat, sementara dukungan PKS mendokrak sekitar 3 - 4 persen dan Demokrat 2 - 3 persen.

BungFK Digital Analysis Research Center (BDRC), lembaga yang konsen memotret dinamika elektoral penguna akun Media Sosial ini menggambarkan opini dan faktor yang mempengaruhi hal ini diantaranya, Prabowo sebagai presiden terpilih yang merupakan Ketua Umum Gerindra dinilai berdampak pada elektoral jika Gerindra memberi dukungan politik kepada Cawako Palembang. 

Sementara, dukungan PKS dipandang sebagai partai paling kompak dalam dukungan politik sehingga mempengaruhi elektoral pemilih PKS dalam dinamika elektoral pilwako Palembang. Sedangkan Partai Demokrat sebagai partai berkuasa 2 periode di Palembang masih dipandang berpengaruh secara elektoral di Kota Palembang.

Editor: Redaksi