Pesona Danau Rawa Shuji Pikat Jurnalis Migas

,
Danau Shuji Lokasi Field trip Jurnalis Migas yang tergabung dalam FJM Sumsel. Foto/ dok FJM for Gumpalan

Gumpalannews.com, PALEMBANG- Danau Shuji Muara Enim menjadi alternatif wisata menarik tidak hanya bagi warga lokal tetapi juga bagi warga Kota Palembang. Jaraknya bisa tempuh dengan waktu sekitar 1 jam saja. 

Informasi yang dihimpun Gumpalan, Minggu (11/6/2023) rata-rata wisatawan umumnya berasal dari daerah sekitar seperti Muara Enim, Prabumulih, PALI, Ogan Ilir dan Kota Palembang. Saat ini fasilitas pun semakin lengkap seperti perlengkapan camping ground yang membuat Danau Shuji semakin menarik untuk wisatawan.

Forum Jurnalis Migas (FJM) Perwakilan Sumbagsel bersama KKKS Wilayah Sumsel melakukan kegiatan Media Engagement melalui Field Trip dengan Forum Jurnalis Migas (FJM) di Danau Shuji Lembak. Foto/dok FJM for Gumpalan

Danau Shuji menawarkan konsep khas daerah rawa yang ditumbuhi oleh pepohonan gelam dan dikelilingi oleh perkebunan karet yang dulunya punya historis pada masa ekspansi Jepang di wilayah ini.

Pengelola juga menyedikan pondok santai, perahu wisata, perahu bebek untuk anak-anak. Bagi penikmat Kopi juga tersedia jajanan kaki lima yang mudah dijangkau oleh pengunjung tempat ini.

Hal ini tergambar jelas ketika para jurnalis SKK yang tergabung dalam Forum Jurnalis Migas (FJM) Perwakilan Sumbagsel bersama KKKS Wilayah Sumsel melakukan kegiatan Media Engagement melalui Field Trip dengan Forum Jurnalis Migas (FJM) di Danau Shuji Lembak.

"Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membina hubungan baik dengan media yang telah membantu memberitakan kegiatan hulu migas khususnya yang dioperasikan oleh KKKS di wilayah Sumsel Sekaligus untuk mewujudkan komitmen dan program kerja SKK Migas – KKKS kepada mitranya dalam hal ini media,"ungkap Ketua PWI Sumsel sekaligus Sekretaris FJM Sumsel, Firdaus Komar dalam keterangan persnya.

Menurut alumni Doktor Administrasi Publik FISIP Unsri ini, sejatinya SKK Migas – KKKS dan Media memiliki tujuan yang sama dalam memberikan kontribusi untuk mendukung pemerintah dalam hal mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “kita ini satu tujuan, hanya berbeda rel kalau diibaratkan kereta, tujuan kita sama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat namun bentuk usahanya yang berbeda,” ujar Firko sapaan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel, Safe'i Syafri menjelaskan kegiatan ini sangat diperlukan sebagai ajang silaturahmi dan juga harmonisasi untuk media di wilayah Sumsel. 

“Kami SKK Migas dan KKKS mengupayakan kegiatan ini dilakukan rutin agar semakin erat dan kuat sinergi antara SKK Migas – KKKS dengan media,"ungkap Dia.

Pihaknya berharap agar kedepan kerja sama dengan FJM dapat menjadi salah satu modal untuk semua pihak dalam menjalankan tugas dan fungsi mendukung terwujudnya kedaulatan energi nasional.

"Kemudian mewujudkan energi yang berkeadilan, serta pembangunan Indonesia seutuhnya yang selalu dicita-citakan dengan pemberitaan yang berimbang dan benar,"terang dia.

Danau Shuji Binaan PHR Zona 

Field trip di Danau Shuji sendiri diikuti oleh 72 wartawan di wilayah Sumsel yang tergabung dalam Forum Jurnalis Migas yang merupakan salah satu tempat wisata di wilayah mitra binaan PHR Zona 4.

Kegiatan ini berlangsung asyik, hangat, ceria serta disediakan berbagai hiburan. Jika kita mengunjungi tempat ini dapat menikmati wisata alam seperti Camping Ground yang disajikan oleh Danau Shuji sebagai salah satu binaan PHR Reg 1 Zona 4 yang berhasil menjadi kawasan wisata di Lembak Muara Enim, Sumatera Selatan ini.

Persemian Camping Ground objek wisata Danau Shuji juga dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) Pertamina Hulu Rokan Regional 1, Chalid Said Salim bersana manajemen Pertamina Hulu Rokan (PHR) Zona 4 dan owner objek wisata Danau Shuji Bob Permana.

Chalid Said menjelaskan dengan penambahan fasilitas atau wahana baru berupa camping ground bisa menambah daya tarik masyarakat untuk datang ke objek wisata Danau Shuji.

" Semakin banyak wisatawan maka banyak yang diuntungkan termasuk pengelola dan UMKM disekitar Shuji dengan memberikan pendapatan,"terang Dia saat meresmikan Danau Shuji andalan Muara Enim ini.

Editor: Redaksi