Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pj Bupati Pimpin Langsung Kegiatan Bersih-bersih Sampah Di Abdya
Dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup, Pj Bupati Abdya bersama Ribuan Warga Abdya mengikuti kegiatan bersih pantai atau coastal clean up, di kawasan pantai Ujong Seuranga Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Sabtu (24/9/2022).

Gumpalannews.com,BLANGPIDIE – Pj Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), H. Darmansyah, S.Pd, MM, melalui Sekretaris Daerah Salman Alfarisi, ST, memimpin kegiatan bersih pantai atau coastal clean up, di kawasan pantai Ujong Seuranga Kecamatan Susoh kabupaten setempat, dengan objek sasaran seluas lebih kurang 6.286 hektare yang diikuti oleh lebih kurang ribuan orang, Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara puncak dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022. Diketahui sebelumnya, Pemerintah Abdya dibawah pimpinan Pj Bupati Darmansyah bersama para pihak Forkopimkab, SKPK teleh melakukan beberapa rangkain kegiatan, seperti bersih-bersih lingkungan perkantoran, perkotaan serta, lingkungan Sekolah serta prasarana umum lainnya.

"Kegiatan pada hari ini merupakan kegiatan puncak memperingati hari Word Cleanup Day (WCT) atau hari bersih dan pilih sampah sedunia. Acara yang diinisiasi oleh Bapak Pj Bupati ini, sebelumnya sudah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan bersih-bersih. Seperti membersihkan lingkungan perkantoran seluruh instansi pemerintahan, sekolah, pasar dan pasilitas umum lainnya," kata Rahwadi. AR, Kadis Perkim LH saat dikonfirmasi gumpalannews.com. Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan yang mengusung thema 'Bersih Diluar Elok Dipandang, Bersih Didalam Berkah Mengundang' telah dilaksanakan mulai tanggal 10 samapai dengan 25 September.

Sementara itu, Sekda Abdya, Salman Alfarisi, STmenyampaikan, berdasarkan hasil analisis data pemantauan Dinas Perkim LH Abdya, sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi dari semua lokasi pada tahun 2022 berasal dari jenis plastik sebesar 44%. Sampah kedua terbanyak jenis kaca dan keramik sebesar 15%.

"Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai kita agar bebas dari polusi plastik dan polutan lainnya," kata Sekda Abdya, Salaman Alfarisi

Mewakili Bupati Darmansyah, Salman juga menegaskan, upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan nasional.

"Sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar 80% berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas batas wilayah administrasi (trans-boundaries), yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut.

"Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh hulu-hilir, dengan kerja-kerja pentahelix, dan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif," kata Sekda Abdya,Salman Alfarisi.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini