Pengelolaan APBK Tahun 2023 Gayo Lues Memuaskan
Pj Bupati Gayo Lues, Drs. Alhudri, MM, saat meninjau proyek pekerjaan di salah satu kawasan di Kabupaten Gayo Lues. Foto: Humas Pemkab Gayo Lues.

GUMPALANNEWS I Gayo Lues - Keberhasilan manajemen keuangan di Gayo Lues tahun 2023 menjadi sorotan dengan pencapaian Silpa Kas mencapai Rp 11 Milyar dan mengakhiri periode kelam gagal bayar.

Penunjukan Drs. Alhudri, MM sebagai Pj Bupati pada Maret 2023 membawa angin segar. Dengan pengelolaan keuangan yang cermat, pengawasan ketat, dan prioritas yang tepat, Alhudri berhasil mengembalikan APBK Gayo Lues ke jalur yang sehat. Hal itu disampaikan Sekda Gayo Lues, Jata SE. MM. Selasa, 2 Januari 2024.

"Dinas-dinas dengan anggaran besar direstrukturisasi, inflasi ditekan, sementara daya beli masyarakat meningkat," katanya.

Menurut Jata, dalam kepemimpinan Pj. Bupati Alhudri,  Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) Gayo Lues mengalami transformasi signifikan.

Sejak Maret 2023, Alhudri menerapkan manajemen keuangan yang ketat, mengutamakan program-program esensial, dan melakukan pengawasan skala prioritas. Hasilnya, seluruh anggaran terpenuhi 100 persen. Ini menandai kesuksesan dalam perencanaan pendapatan dan pengeluaran.

Inovasi kebijakan ini berdampak positif, terlihat dari Silpa kas sebesar Rp 11 miliar dan absennya gagal bayar oleh rekanan. Sementara daerah lain berjuang mengatasi defisit anggaran dan pembayaran gaji desa, Gayo Lues malah mengalami kemajuan finansial yang membanggakan.

Surplus kas tersebut kata Jata tidak lepas hasil kerja sama yang baik dengan DPRK. Kebijakan penggunaan anggaran disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, fokus pada pembayaran gaji, rutin kantor, dan mendesak masyarakat.

Perubahan positif ini menandai Gayo Lues bebas dari gagal bayar, menciptakan surplus yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. 

"Konsentrasi pada pemberdayaan ekonomi, kesehatan, dan infrastruktur dasar menunjukkan komitmen pemerintah untuk memberikan dampak positif," ungkap Jata.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini