Pemprov Sumsel Fasilitasi Mudik Gratis KAI dan Bus, Ini Alasannya

,
Gubernur Sumsel Herman Deru saat melepas mudik gratis di Stasiun KAI Kertapati dan Terminal Bus AAL. Foto : dok Kominfo SS)

Gumpalannews.com, PALEMBANG- Gembira para pemudik yang menggunakan Kereta Api dari Stasiun tujuan Tanjung Karang Lampung dan Lubuklinggau Sumatera Selatan. 

Hal ini karena Pemprov Sumsel menyediakan tiket gratis bagi pemudik, Rabu (19/4/2023) melalui KAI Stasiun Kertapati Palembang.

Gubernur Sumsel H Herman Deru senang melihat antusiasme masyarakat yang begitu luar biasa untuk mudik pulang kampung dalam menyambut lebaran.

Hal ini disampaikan HD sapaannya saat melepas langsung kurang lebih 1.200 para pemudik yang hendak menuju Palembang- Tanjung Karang Lampung dan Palembang-Lubuk Linggau dari Stasiun Kertapati.

"Hari ini kita melepas mudik gratis yang diselenggarkan oleh Pemprov Sumsel yaitu moda transportasi Keretasi Api menuju Tanjung Karang dan Lubuk Linggau termasuk stasiun penyangga,"ungkap Mantan Bupati OKU Timur ini.

Menurutnya, antusiasme atau animo masyarakat tahun ini luar biasa. Untuk itu Pemprov Sumsel memfasilitasinya agar tidak terjadi kemacetan di jalan raya saat arus mudik ini. 

"Jadi program ini salah satu solusinya Pemprov Sumsel mengadakan angkutan mudik dengan moda transportais kereta api dan bus,"terang Politisi Nasdem ini.

Dia berharap mudah-mudahan masyarakat yang mudik ini hasratnya tersalurkan, dan melalui mudik gratis ini bisa menghemat . 

"Tadi saya tanya kepada para penumpang kenapa mereka ambil ini, salah satunya untuk efisiensi waktu dan efisiensi belanja,"katanya.

Selain melepas mudik gratis melalui KAI, orang nomor satu di Sumsel ini juga melepas mudik gratis dengan armada bus di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang. 

"Armada bus yang difasilitasi diperuntukan untuk masyarakat akan melakukan perjalanan mudik ke sejumah kota dan kabupaten di dalam provinsi maupun ke luar provinsi.

"Ini cara kita mengkanalisasi euforia para pemudik yang tahun-tahun lalu tidak bisa mudik karena adanya pembatasan akibat pandemi covid 19,"tegas Gubernur Sumsel ini.

Menurutnya, mudik gratis tersebut merupakan langkah pemerintah dalam membantu masyarakat Sumsel, khususnya menengah kebawah.

"Sejak covid 19 melandai dan pembatasan ditiadakan, kita langsung ambil peran untuk menggelar mudik gratis ini."kata Dia.

Editor: Yono Hartono