Pemilih Pemula Harus Peka Demokrasi
Siswa SMAN 24 Kabupaten Tangerang diajak gunakan hak pilih pada Pemilu 2024. Foto/ Humas KPU Kabupaten Tangerang

Gumpalannews.com, TANGERANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, serius untuk menjaring sejumlah pemilih dari kalangan milenial. 

Salah satunya dilakukan lewat kegiatan KPU Goes to School seperti yang dilakukan di SMAN 24 Kabupaten Tangerang (4/9/2023).

Dedi Irawan, S.HI., MH, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, KPU Kabupaten Tangerang mengatakan, pihaknya berusaha membuka selebar-lebarnya akses pemilih muda atau milenial.

Salah satunya melakukan beberapa inovasi atau terobosan yang kekinian, sehingga pemilih muda dan pemilih pemula memiliki antusiasme untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

"Kami buka akses seluas-seluasnya, apalagi pemilih pemula tidak cukup hanya manual. Kita ajak mereka berpartisipasi dan berinovasi," ujar Dedi, saat menjadi pembicara di SMAN 24 Kabupaten Tangerang.

Lewat KPU Goes to School, Dedi memberikan edukasi para pemilih milenial dan pemilih pemula terkait pemilu. 

"Pemilih pemula perlu pendidikan politik sejak dini. Agar lebih interaktif dan peduli terhadap kondisi negara dan demokrasi," ujarnya.

Shandy Akbar Kelana, Ketua Divisi Teknis dan Penghitungan Suara KPU Kabupaten Tangerang, mengingatkan pada pemilih muda yang ingin berperan dalam perubahan bagi bangsanya, untuk berpartisipasi mengawal dan menggunakan hak pilihnya. 

Pasalnya, sifat apatis atau memilih untuk tidak memilih (golput) tidak memberikan perubahan sehat bagi bangsa.

"Kami harap tidak hanya berfoto selfie di TPS. Tapi benar-benar memanfaatkan hak pilih sesuai hati nurani," ujarnya.

Kata Shandy, pemilih di Kabupaten Tangerang didominasi pemilih milenial. Untuk itu, partisipasi pemilih muda harus benar-benar dipergunakan pada Pemilu 2024.

"Jumlah suara yang terkumpul dari anak-anak muda masih rendah. Pendekatan kepada kaum pemilih pemula seperti pelajar bisa membantu meningkatkan partisipasi," ungkap Shandy.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini