Pemda Nagan Raya Hadiri Seminar Dan Pameran Smart City Yang Diselenggarakan Oleh Kemkominfo RI

,
Kadis Kominfotik, Drs Said Amri, hadiri acara Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/12/2022). Foto/Rahmat Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, JAKARTA - Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si, diwakili Kadis Kominfotik, Drs Said Amri, hadiri acara Seminar dan Pameran Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) tahun 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI) dan dihadiri Kadis Komindo se - Indonesia, jajaran Kemenpan RB dan Kemenkes, berlangsung selama dua hari sejak tanggal 30 November hingga 1 Desember 2022.

Sebagaimana diketahui Kemkominfo telah memberikan pendampingan penyusunan rencana induk (master plan) smart city kepada 50 kabupaten/kota dan evaluasi 
implementasi program smart city terhadap 141 kabupaten/kota yang telah terpilih pada 2017-2021.

Kegiatan yang bertemakan “Recover Together, Recover  Stronger” itu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis digital yang kolaboratif, 
inklusif, dan berkelanjutan. 

"Setiap kabupaten/kota dihadiri dua orang peserta. Mengingat masih dalam situasi pandemi, peserta diwajibkan sudah melakukan vaksin covid-19 booster," kata Said Amri didampingi Kabid TIK, Teuku Syamsul Bahri, M.Kom.

Pada acara tersebut, katanya, Kemkominfo mendorong peran serta dunia usaha untuk bergabung dalam inisiatif-inisiatif menuju smart city diseluruh Indonesia.

Kemkominfo mendorong inisiatif pengembangan kota cerdas dikerjakan bersama oleh pemerintah daerah, investor, dan sektor swasta.

Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintah (LAIP) Kemkominfo, Bambang Dwi Anggono, S.Sos, M.Eng, salah satu narasumber menjelaskan, jika sebelumnya inisiatif tersebut didorong melalui APBD, mulai tahun ini dia mengajak para investor dan sektor swasta berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk menghasilkan layanan publik yang lebih baik.

“Sebagai contoh mal pelayanan publik, itu tidak hanya diselenggarakan oleh pemerintah, tetapi bekerja sama dengan fintech, marketplace dan sebagainya. Kemudian dalam sistem ticketing misalnya sudah terintegrasi. Lalu transportasi (smart transportation) misalnya, antar daerah sudah mulai kita kolaborasikan. Itu inisiatif-inisiatif yang saat ini banyak muncul di tahun 2022 sekarang,” jelasnya kepada sejumlah wartawan ibukota
usai acara.

Disamping kegiatan seminar juga digelar pameran virtual Gerakan Menuju Kota Cerdas. Launching secara simbolis dilakukan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, BSc, MM.

Samuel Abrijani didampingi Bambang Dwi Anggono juga memberikan penghargaan kepada kabupaten/kota yang telah berhasil mewujudkan smart city.

Daerah yang mendapat penghargaan telah sukses menjalan program smart city, seperti smart government, smart branding, smart economy, smart society, smart living dan smart environment.

Said Amri menambahkan, beberapa waktu lalu Nagan Raya baru selesai menyusun master plan smart city di bawah pendampingan Diskominsa Aceh.

"Secara bertahap kita mulai melakukannya, mudah-mudahan semua pihak mendukung, sehingga Nagan Raya bisa menuju kota cerdas seperti daerah lain di Indonesia," harap Kadis Kominfotik.

Editor: Redaksi