Nekat Tanam Ganja di Perkarangan Rumah, Nelayan di Abdya Aceh Ditangkap Polisi
Seorang nelayan berinisial ED (41) warga Gampong Pante Pirak, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ditangkap polisi karen diduga kedapatan menanam ganja di lingkungan rumahnya. Foto dok Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, ACEH BARAT DAYA - Seorang nelayan berinisial ED (41) warga Gampong Pante Pirak, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ditangkap polisi karen diduga kedapatan menanam ganja di lingkungan rumahnya.

Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha melalui Kasat Narkoba Iptu Hengki Harianto mengatakan, pelaku ditangkap pada hari Kamis (12/1/2023) sekitar pukul 20.00 WIB berdasarkan informasi yang diperoleh dari masyarakat bahwa pelaku diduga telah melakukan penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

"Setelah menerima informasi itu, kita mendatangi rumah pelaku dan saat kita tiba disana, ED waktu itu berada di depan rumahnya sedang mencabut rumput," ungkapnya Jum'at (13/1/2023).

Melihat pelaku, kata dia, personil Satresnarkoba mengamankan pelaku untuk dilakukan penggeledahan badan. Namun, saat dilakukan penggeledahan badan polisi tidak menemukan narkoba jenis apapun dari pelaku.

"Kemudian, kita yang ikut disaksikan oleh aparatur gampong setempat mencoba melakukan penggeledahan di dalam dan di luar rumah pelaku. Dari hasil pemeriksaan di lingkungan rumahnya kita berhasil menemukan 15 batang ganja yang ditanam disamping kiri rumah pelaku," katanya.

Tak sampai disitu, kata Hengki, pihaknya kembali melakukan pemeriksaan lanjutan dan kembali berhasil ditemukan barang bukti (BB) ganja sebanyak 5 batang yang ditanam ED tepat di belakang rumahnya.

"Saat kita tanya, pelaku mengaku bahwa semua ganja yang dia tanam di seputaran lingkungan rumahnya itu adalah miliknya," terangnya.

Atas perbuatannya, kata dia, pelaku dijerat pasal 111 ayat (2), 114 ayat (2) dengan ancaman pidana seumur hidup atau minimal 5 tahun atau maksimal 20 tahun sebagaimana dalam UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Sekarang ED dan semua barang bukti batang ganja sudah kita amankan di Mapolres guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut," katanya. 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini