MQK ke-III Provinsi Aceh, Kafilah Kabupaten Nagan Raya Raih Peringkat 8
Para peserta MQK ke III Provinsi Aceh asal kafilah Kabupaten Nagan Raya. Foto: Dok Gumpalannews

Gumpalannews.com, BANDA ACEH - Kafilah asal Kabupaten Nagan Raya berhasil meraih peringkat 8 pada Musabaqah Qira'atul Kutub (MQK) atau lomba baca kitab ke-III tingkat Provinsi Aceh yang diselenggarakan di Hotel Grand Aceh Syariah, Jumat (24/06/2023) malam.

Kabid Bina Peribadatan dan Pendidikan Dayah DSI Nagan Raya Musiddiq, S.HI, M.Si mengatakan bahwa, jumlah peserta utusan Kabupaten Nagan Raya sebanyak 10 orang, terdiri dari lima putra dan lima orang putri.

"Para peserta kita juga telah mengikuti training centre (TC) di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Ikhwah Purwodadi, pimpinan pelatih Ustadz Surianto Sudirman Lc,MA," ujar Musiddiq, Sabtu (24/6/2023).

Ketua Kontingen Nagan Raya itu menerangkan, putra putri yang mengikuti event tingkat Provinsi Aceh asal Kabupaten Nagan Raya itu merupakan putra putri terbaik yang telah mengikuti seleksi tingkat kabupaten.

Adapun pemenang asal Kabupaten Nagan Raya pada kegiatan itu, juara II bidang akhlak putri diraih oleh Fatia Azzahra, juara harapan I bidang tauhid putra didapatkan oleh M. Fariel Al Kautsar, sementara juara harapan III bidang tafsir putri didapatkan oleh Faradis Jauhar.

Pada kegiatan penutupan MQK ke-III itu, Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki menyerahkan piala penghargaan juara umum untuk kafilah Aceh Besar dan diterima Pj Bupati Aceh Besar melalui Asisten I Sekdakab, Farhan AP, sebagai perwakilan santri.

Untuk diketahui, MQK merupakan agenda besar santri yang digelar dua tahun sekali. Pada tahun ini, kegiatan tersebut diikuti santri perwakilan dari 21 kabupaten/kota di Aceh dengan total 194 peserta.

Juara pertama dari setiap cabang lomba akan mewakili Aceh untuk mengikuti MQK Nasional yang akan digelar di Lamongan, Jawa Timur.

Pada kegiatan itu diperlombakan sebanyak 5 cabang, yaitu Nawh, Akhlaq, Tafsir, Ushul Fiqh dan Tauhid yang dibagi berdasarkan kategori putra dan kategori putri. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini