Mangkrak 6 Tahun, Pembangunan Pasar Modern di Abdya Kembali Dilanjutkan
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H. Darmansah, S.Pd, MM meninjau lokasi pasar modern di Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie yang akan segera dilanjutkan pembangunannya. Rabu (3/5/2023). Foto dok Pemda Abdya.

Gumpalannews.com, ACEH BARAT DAYA - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H. Darmansah, S.Pd, MM meninjau lokasi pasar modern di Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie yang akan segera dilanjutkan pembangunannya. Diketahui, pekerjaan sempat mangkrak selama 6 tahun lamanya.

"Perjalanan kelanjutan pasar modern ini, pertama kita mohon izin pada Pj gubenur dana yang silpa itu, untuk melanjutkan pembangunan pasar modern. Kedua kita minta surat ke Kejati Aceh mohon pendapat hukum terhadap pasar modern yang pernah diperiksa oleh kejati, dan Kejati sudah membalas bahwa tidak ada masalah," sebut Darmansah, Rabu (3/5/2023).

Kemudian, Darmansah mengatakan bahwa, ia juga telah datang ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI untuk dibantu audit terhadap pasar tersebut.

"Jadi pihak BPKP menyarankan, sebelum dilanjutkan pertama harus membuat review desain, kemudian uji struktur sudah kita lakukan, dan satu lagi Review FS (Fesibility Study) yang sedang dikerjakan, kemudian keluarnya surat dari kejari legal hukumnya boleh untuk dibangun. Itulah dokumen awal yang sudah kita siapkan serapi mungkin," terang Darmansah.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan, untuk pembangunan lanjutan pasar modern tersebut sudah terpenuhi secara hukum, secara Amdal, dan secara lingkungan.

"Rencana proses pekerjaan pasar modern ini Insya Allah dalam dua minggu ke depan sudah dilelang, paling lambat dan juga bisa jadi lebih cepat karena tinggal menunggu pengesahan akhir dari review FS yang sedang dikerjakan oleh dosen Universitas Syiah Kuala (USK)," ujarnya.

Selanjutnya, Darmansah berharap, dengan berlanjutnya kembali pembangunan pasar modern itu, gunanya untuk para pedangan PKL dan pembeli bisa berjualan dan membeli dengan nyaman, karena pasar pagi di Blangpidie sekarang sudah tidak layak lagi, selain padat juga menimbulkan kemacetan dan hal-hal lain. 

"Apa lagi Blangpidie ini sering disebut sebagai kota dagang, nah untuk mewujudkan harapan Abdya sebagai kota dagang tersebut pasar modern ini segera kita lanjutkan pembangunan dengan anggaran yang tersedia di DIPA 45 Miliar," demikian pungkas Pj Bupati Abdya H Darmansah

Kegiatan peninjauan ini turut diikuti oleh Kadis PUPR Abdya, Alvian Liswandar, Kadis Perkim LH Rahwadi ST, (Mantan Kadis PUPR Abdya), Asisten II Sekdakab Liza Marfandi S, STP, Kabag Humas Indra Fatih, Kabag Umum Alman Safriandi, dan beserta lainya. 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini