Breaking News

Kuweh Eungkhui Tarik Perhatian Pengunjung Ramadan Fair Nagan Raya
Tampilan Kuweh Eungkhui di Ramadan Fair 2023 Nagan Raya, Jum'at (14/4/2023). Foto: Irwan for Gumpalannews

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Stand kuliner Sekolah Penggerak di arena Ramadan Fair 2023 sediakan Kuweh Eungkhui, kuliner tradisonal khas Nagan Raya yang saat ini sudah sangat jarang ditemukan. 

Makanan khas produk SD Negeri 1 Jeuram itu dipasarkan bersama aneka jenis kuliner lain di stand tersebut, Jum'at (14/4/2023) sore. Diketahui, panganan unik dan menarik ini mampu menyita perhatian pengunjung Ramadan Fair 2023 Nagan Raya.

Aslamiah, penjaga stand Sekolah Penggerak, mengatakan, Kuweh Eungkhui dipromosikan kembali agar kuliner tersebut tetap eksis di era global saat ini. 

"Agar masyarakat Nagan Raya terutama generasi muda mengetahui kuliner khas tersebut," ungkapnya. 

Katanya, kuliner berbahan dasar tepung ketan, gula dan kelapa parut itu dibikin warga Nagan Raya setiap tahun saat benih padi ditabur di persemaian.

"Dulu, kegiatan tabur benih padi di sawah dilakukan secara bergotong-royong. Untuk menjamu warga yang membantu disajikan Eungkhui bersama kopi," ujar Aslamiah sembari menyebutkan harga jual Rp. 5000 per cup isi empat potong Eungkhui. 

Bazar kuliner Ramadan Fair 2023 disamping menyediakan aneka jenis makanan dan minuman tradisional juga tersedia kuliner buka puasa lainnya. 

Sementara bazar kuliner usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lain yang tak kalah menarik adalah cemilan _baby crab_ (kepiting rajungan laut ukuran kecil) yang telah digoreng krispi.

Helmi, pemilik booth stand kepiting goreng itu mengaku sengaja datang dari Medan, Sumatera Utara, guna menjual produknya. 

Selain kuliner tradisional, berbagai produk cemilan lain turut dijual, seperti kue sus isi durian dan fla di Booth Stand Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Perkim). 

Kemudian, produk UMKM gula merah dari pohon sawit di Stand Dinas Perkebunan (Disbun) serta puluhan stand lain ikut menyediakan beragam makanan dan minuman untuk buka puasa. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini