Kualitas Udara Kota Tangerang Terburuk di Jabodetabek

,
PENCEMARAN UDARA: Pencemaran udara di Kota Tangerang. Foto/ M. Deden Budiman Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, TANGERANG – Kualitas udara Kota Tangerang kembali memburuk. Terbaru, kualitas udara di Kota Tangerang menempati tingkat pertama pencemaran udara se-Jabodetabek indikator tidak sehat dengan angka indeks mencapai 131, Rabu (06/12/2023).

Dikutip dari website ispu.menlhk.go.id, tingkat pencemaran udara di Kota Tangerang lebih tinggi dari Serpong, Tangsel dan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dimana indeks pencemaran di Serpong menempati posisi 98 dan di Kebon Jeruk 94.

Kepala Bidang Pemantau Pengendalian dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Hendri P Syahputra menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan pemeliharaan alat pemantau pencemaran udara milik Kementerian Lingkungan Hidup di Kota Tangerang.

“Sesuai arahan dari KLHK, saat ini sedang dilakukan pemeliharaan alat pemantaunya. Sedang kita cek,” ucapnya.

Dalam website tersebut, tingkat pencemaran udara di Kota Tangerang terdeteksi berada di Kelurahan Pasir Jaya dengan angka indeks pencemaran mencapai 131.

Sebelumnya, kualitas udara di Kota Tangerang juga pernah menunjukkan status tidak sehat.

Berdasarkan data IQ Air, indeks kualitas udara polusi di Kota Tangerang pada Jumat 6 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB mencapai 212 alias tidak sehat.

Berdasarkan angka indeks standar pencemaran udara (ISPU) kualitas udara ditangerang mencapai 92 alias masih dapat diterima oleh manusia. 

Editor: Redaksi