Kolaborasi dengan Pemerintah Aceh, Pemkab Nagan Raya Pasang Lampu PJU di Ruas Jalan
Salah seorang petugas memasang lampu PJU di ruas Jalan Nasional, Simpang Peut-Ujong Fatihah, Nagan Raya. Foto: Diskominfotik Nagan Raya for Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, NAGAN RAYA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh melakukan pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang ruas Jalan Nasional Desa Simpang Peut-Ujong Fatihah, Kecamatan Kuala, Rabu (6/8/2023) malam lalu.


Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP, S.Sos., M.Si mengatakan, pemasangan PJU tersebut sebagai tindak lanjut atas keluhan masyarakat, pengguna jalan, serta pedagang yang melaksanakan aktivitas pada malam hari dalam upaya meningkatkan perekonomian.


"Ini juga upaya kita untuk menyelesaikan permasalahan penerangan. Dengan adanya lampu ini, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan yang melintas, pedagang, dan masyarakat dalam beraktivitas pada malam hari," tutur Fitriany yang turut menyaksikan langsung pemasangan lampu PJU.


Diketahui bahwa, selain melakukan lobi-lobi dengan kementerian dan lembaga, Pemkab Nagan Raya juga menjalin kolaborasi dan sinergi dengan Pemerintah Aceh yang telah memberikan bantuan lampu PJU tersebut. 


"Anggaran daerah saat ini sangat terbatas. Tetapi setelah kita berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh. Alhamdulillah melalui Dinas ESDM, pada tahap I ini kita diberikan 50 unit lampu LED berkapasitas 90 watt," jelas Fitriany.


Lebih lanjut Pj Bupati Fitriany menyampaikan terima kasih dan berharap kepada Pemerintah Aceh agar kembali memberikan bantuan lampu PJU, karena penerangan di jalan raya akan berdampak langsung terhadap ekonomi masyarakat di Kabupaten Nagan Raya.


Atas nama Pemkab Nagan Raya, Fitriany juga meminta kepada warga agar dapat menjaga fasilitas publik, seperti keberadaan lampu PJU ini. Menurutnya, selain untuk peningkatan ekonomi, ketersediaan lampu PJU juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan di malam hari.


"Beberapa waktu yang lalu, di ruas jalan perkantoran Suka Makmue, ada kabel listrik hilang, sehingga lampu padam. Oleh karena ini milik kita bersama, sehingga perlu kita jaga bersama-sama," harap Pj. Bupati Fitriany.


Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Efliyanto, S.E., M.M.l menyampaikan bahwa lampu itu telah diganti dari lampu mercury berkapasitas 250 watt dengan lampu LED yang berkapasitas 90 watt.


"Tujuan pergantian lampu tersebut untuk memberikan penerangan yang sama dari lampu sebelumnya, namun dengan biaya rendah dan penggunaan arus listrik dapat diminimalisir," ungkap Kadishub Efliyanto.


Dijelaskan Kadishub, sebuah daerah dikatakan maju jika memiliki penerangan yang cukup, sehingga dapat mendukung aktivitas ekonomi masyarakat di malam hari. 


"Ibu Pj Bupati bersama tim dari Dishub Nagan Raya terjun langsung ke lokasi untuk memantau dan memeriksa proses pemasangan lampu PJU," pungkas Efliyanto yang juga mantan Kabag Perekonomian dan SDA Setdakab Nagan Raya. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini