Ketua Kadin Simeulue Desak Pj Gubernur Aceh, Turun Tangan Terkait Persetujuan Sandar Kapal Aceh Hebat 1 Di Pelabuhan Calang
Ketua Kadin Simeulue, Ir. Iskandar (Baju Putih) saat menunggu pemberangkatan di Pelabuhan Calang Aceh Jaya. Menyempatkan berdiskusi dengan Mahasiswa asal Simeulue. Foto/dok Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, SIMEULUE- Dilarangnya Kapal Aceh Hebat 1 bersandar di Pelabuhan Calang, Aceh Jaya. 

Membuat Ketua Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Simeulue, Ir. Iskandar, berang dan angkat bicara. 

Pria yang akrab disapa Bang Is itu, mendesak Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki turun tangan, menyelesaikan persoalan Pelabuhan Sandar untuk Kapal Aceh Hebat 1, di Pelabuhan Calang. 

"Ini harus pak Gubernur yang turun tangan. Kenapa Aceh Hebat 1 tidak bisa Sandar di Pelabuhan Calang? Sementara ada Kapal besar yang sedang mengisi minyak CPO. Ada apa? Jangan hanya gara-gara ini, masyarakat Simeulue dikorbankan. Makanya kita minta Pak Gubernur Aceh turun tangan untuk menyelesaikan," Kata Ketua Kadin Simeulue Ir. Iskandar, saat dihubungi Gumpalannews.com. Selasa, (11/07/2023). 

Pasalnya, kata Bang Is, Kapal Aceh Hebat 1 merupakan sarana utama transportasi ke Simeulue yang sangat vital. Dan jika Kapal Aceh Hebat 1 berhenti operasi, dikhawatirkan bisa menyebabkan lonjakan inflasi, yang saat ini sedang terkendali. 

"Ini sangat bahaya. Karena menyangkut dengan kebutuhan bahan pokok di Simeulue. Jika Kapal Aceh Hebat 1 tidak bisa bersandar di Calang, Aceh Jaya. Dan tentu efeknya mempengaruhi harga kebutuhan pokok di Simeulue dan layanan transportasi masyarakat sangat terganggu," Terang Bang Is. 

Kader Partai Golkar Aceh itu mengatakan, solusi yang ditawarkan oleh  Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Faisal, yang merencanakan Kapal Aceh Hebat 1 bersandar di Pelabuhan Meulaboh, Aceh Barat.

Kemungkinan sulit dilaksanakan, karena Pelabuhan Meulaboh tidak cocok untuk Aceh Hebat 1. Terlebih tahun lalu pernah terjadi kecelakaan beberapa kali di Pelabuhan pada saat bongkar muat penumpang dan barang. 

"Kalau rencananya Aceh Hebat 1 sandarnya di Meulaboh, gak mungkin itu. Memang harus di Calang. Mereka harus segera cari solusi. Tahun lalu aja pernah kecelakaan pada saat bongkar muat penumpang. Mobil angkutan jatuh ke laut. Apalagi ini udah mau MTQ Tingkat Provinsi, dalam waktu dekat," Terangnya. 

Tidak hanya itu, dalam waktu dekat Kadin Simeulue akan menemui Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki agar turun tangan menyelesaikan persoalan Persetujuan Sandar Kapal Aceh Hebat 1 di Pelabuhan Calang. 


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini