Ketua DPRK Menilai PLN Simeulue Antara Kebutuhan Dan Krisis Kepercayaan
Ketua DPRK Simeulue, Irwan Suharmi, SE, M. Si. Foto dok Pribadi Irwan Suharmi for Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, SIMEULUE- Kerisis daya listrik di Kabupaten Simeulue saat ini, terus menuai sorotan dari banyak pihak. Salahsatunya, dari Ketua DPRK Simeulue, Irwan Suharmi, SE, M.Si.

Menurut Irwan, persoala  daya listrik PLN, saat ini menjadi persoalaan utama di masayarakat Kabupaten Simeulue.

Saat dikonfirmasi Gumpalannews.com, Ketua DPRK Simeulue, Irwan Suharmi, SE, M.Si mengatakan hanya bisa menjawab dilematis. Pasalnya, kata dia, disatu sisi listrik sangat dibutuhkan oleh masyarakat. 

Sementara disisi yang lain, masyarakat Simeulue sudah kerisis kepercayaan kepada pihak PLN yang tidak sanggup memenuhi kebutuhan daya listrik. 

“Sebagai wakil dari masyarakat, kalau ditanya persoalan listrik, saya bisa menjawab sangat dilematis. Kenapa demikian? Disatu sisi listrik sangat dibutuhkan oleh lapisan masyarakat baik kalangan atas, menengah dan bawah dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Tapi pada sisi yang lain masyarakat sudah kerisis kepercayaan kepada pihak PLN yang tidak sanggup memenuhi kebutuhan daya listrik kepada masayarakat,” Kata Ketua DPRK Simeulue, Irwan Suharmi, SE, M.Si kepada Gumpalannews.com. Senin, (22/05/2023).

“Kita tidak bisa pungkiri bahwa PLN merupakan perusahan BUMN, yang jika kita pahami bila adanya kebutuhan daya listrik kurang, tentunya dengan sangat cepat bisa langsung direspon, dan dipenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sangat mendesak atau urgent.

Akan tetapi berbading terbalik dengan apa yang kita pahami dengan persoalan yang terjadi di Kabupaten Simeulue. 

Sementara dengan keresahan masyarakat, dapat kita maklumi. Sebab listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat,” Kata Pria yang akrab disapa Ibok Iwan itu.

Kader PBB itu menilai, pada sektor bisnis tentunya pihak manajemen PLN Simeulue, tidak mau rugi dan terus berusaha untuk memperbaiki sistem pengelolaan, dan mengupayakan langkah-langkah yang cepat dalam menutupi kekurangan serta pengelolaan daya siltirk yang ada, dengan mengusahakan mesin atau kebutuhan penambahan daya yang saat ini masih kurang. 

“Seperti kita ketahui, pada hari Jumat 12 Mei 2023. Telah dilakukan peretemuan bersama dengan Kepala Daerah Simeulue, dengan pihak manajemen PLN diruang kerja Bupati Simeulue, dan sudah dijelaskan oleh pihak menajemen PLN pada minggu depan 98 % listrik sudah optimal. 

Informasi ini sudah kita dengar dan maklumkan bersama, baik dari media online maupun dari informasi yang lain, kita berharap jangan janji-janji saja yang disampaikan. Namun kita mau bukti kongkrit dari pihak manajeman PLN di Kabupaten Simeulue,” Tegas Ketua DPRK termuda Simeulue itu.

Ibok Iwan menegaskan, jika memang aliran listriknya belum fungsional sesui dengan target dan harapan agar diklarifikasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat memakluminya.

Dipihak lain, kata dia, bila memungkinkan PLN Kabupaten Simeulue agar memikirkan kebijaksanaan yang dilakukan. 

“Misalnya dengan ketersedian daya, yang saat ini terganggu. Perlu ada pertimbangan atau kebijakan dalam peroses pembayaran rekening listrik baik pra-bayar maupun pasca bayar”Ucapnya. 

“Dengan demikian keresahan atas ketidaknyamanan yang selama ini dirasakan oleh masyarakat Simeulue, dapat termaklumi,” tegas Ketua DPRK Simeulue, Irwan Suharmi, SE, M.Si.

Sementara saat ditemui Gumpalannews.com beberapa waktu lalu diruang kerjanya. General Maneger Perusahaan Listrik Negara (PLN), Parulian Noviandri, berharap masyarakat Simeulue dapat bersabar sementara waktu dikarena saat ini sedang mesin PLN yang didatangkan sedang dilakukan instalasi.

“Kami memahami keluh kesah apa yang dirasakan masyarakat kita. Kami berharap masyarakat kita bersabar sementara waktu. Karena memang listrik sudah menjadi kebutuhan. Mohon doanya saja, semoga dalam minggu ini atau minggu depan bisa segera beroperasi. Kami monitor juga teman-teman yang kerja saat ini 24 jam,” Jelas GM PLN Aceh Parulian Noviandri kepada Gumpalannews.com. Senin, (15/05/2023.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini