Kepala BPBD Simeulue Akui Anggaran Pemasangan Jembatan Bailey Lalla Sudah Di Disposisi Pj. Bupati 

,
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue, Zulfadli, saat meninjau jembatan lalla beberapa waktu lalu. Foto/dok Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, SIMEULUE- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simeulue, Zulfadli, mengakui sebelumnya Penjabat Bupati, Ahmadlyah, SH, telah mendisposisi terkait anggaran pemasangan jembatan rangka baja panel (Bailey) di Desa Lalla Kecamatan Salang, Simeulue, Aceh. 

Saat dikonfirmasi Gumpalannews.com, Zulfadli mengatakan pemasangan jembatan rangka baja panel (bailey) sedikit terlambat, karena tidak mungkin setelah di disposisi oleh Pj. Bupati Ahmadlyah, kemudian langsung dikerjakan.

BPBD Simeulue, kata dia, terlebih dahulu menghitung estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk pemasangan jembatan bailey tersebut.

“Sedikit terlambat. Tapi tidak lama. Awalnya kan ini ada di dinas PUPR, tapi karena tidak ada anggaran dialihkan ke BPBD. Sementara di BPBD juga tidak ada anggaran. Cuma inisiatif pimpinan (Pj. Bupati), supaya ini berjalan, biayanya diambil dari biaya tidak terduga (BTT). Itu solusi dari pimpinan. Sudah di disposisi pak Pj Bupati dan estimasinya sudah ada,” Jelas Kepala BPBD Simeulue, Zulfadli.

Meski sedikit terlambat, Kepala BPBD menjelaskan, pemasangan jembatan belay di Desa Lalla akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Secara terpisah, dikonfirmasi Gumpalannews.com jumat pagi, Pj Bupati Simeulue, Ahmadlyah, membenarkan sebelumnya telah menginstruksikan kepada BPBD Simeulue, agar usulan anggaran pemasangan jembatan rangka baja panel (bailey) Lalla segera disampaikan kepadanya. 

Hal itu kata Pj Bupati, sesuai dengan disposisi Bupati tertanggal 31 Mei 2023. Dimana isi disposisi Bupati tersebut, memerintahkan Kepala BPBD menghitung estimasi biaya Pemasangan Jembatan Bailey dan diajukan melalui anggaran biaya tidak terduga.

Isi disposisi pertama Bupati Simeulue tertanggal 31 Mei 2023 kepada Kepala BPBD terkait Pemasangan Jembatan Bailey Lalla. Foto Tangkap Layar dok Gumpalannews.com

Namun menurut Pj Bupati, dikarenakan masa tanggap daruratnya sudah selesai. Maka, kewenangan Pemasangan Jembatan Bailey Lalla akan dilaksanakan oleh Dinas PUPR Simeulue. 

"Sebelumnya memang itu saya perintahkan Kepala BPBD untuk menghitung estimasi anggarannya. Tapi karena waktu tanggap daruratnya sudah selesai. Maka, saya perintahkan Dinas PUPR untuk mengerjakan Pemasangan Jembatan Bailey tersebut," Jelas Pj Bupati Simeulue, Ahmadlyah kepada Gumpalannews.com. Jum'at, (16/06/2023). 

Adapun isi disposisi Bupati Simeulue kepada Dinas PUPR yang kedua ini ditandatangi Ahmadlyah pada tanggal (15/06) kamis kemarin. 

Isi disposisi Bupati Simeulue yang kedua kepada Kepala Dinas PUPR terkait Pemasangan Jembatan Bailey Lalla. Foto Tangkap Layar dok Gumpalannews.com

Pj Bupati Simeulue menegaskan tidak ada masalah dengan persoalan anggaran. Karena memang sebelumnya Ahmadlyah telah berkomunikasi dengan kepala Dinas PUPR Provinsi Aceh, dan menyanggupi anggaran pemasangan jembatan bailey Lalla. 

"Saya sudah komunikasi dengan Kepala Dinas PUPR Provinsi. Saya bilang ke pak Kadis, yang penting jembatan Bailey nya sampai di Simeulue. Untuk anggaran pemasangannya kita upayakan. Karena masyarakat sangat membutuhkan," Terang Ahmadlyah.