Breaking News

Kendalikan Inflasi Jelang Idul Adha 1445 H, Pemkab Purwakarta Sediakan Ribuan Paket Sembako Murah
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) menyediakan ribuan paket sembako murah untuk masyarakat. Jumat (14/6/2024).  Foto/Saepurohman Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, PURWAKARTA- Dalam rangka pengendalian inflasi jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) menyediakan ribuan paket sembako murah untuk masyarakat.

Selain untuk memastikan kelancaran distribusi sembako, ribuan paket sembako murah yang disediakan DKUPP Purwakarta tersebut juga dalam rangka pengendalian inflasi jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Plt Kepala DKUPP Purwakarta Dani Abdurahman mengatakan jelang Hari Raya Idul Adha pihaknya menyediakan ribuan paket sembako murah yang dikemas dengan program Operasi Pasar Murah (OPM) dan Operasi Pasar Bersubsidi (OPADI).

OPM dan OPADI kita laksanakan di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Purwakarta jelang Hari Raya Idul Adha," kata Dani, Jumat (14/6/2024). 

Untuk OPM, dilaksanakan serentak di Kecamatan Purwakarta, Sukatani, Darangdan, Plered, Tegalwaru pada 12 Juni 2024 yang lalu, yang menyediakan sembako murah sebanyak 2.535 paket.

Komoditi yang disediakan yakni beras premium 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, tepung terigu 1 kg.

OPM ini diperuntukan bagi masyarakat yang terdata sebagai RTM berdasarkan data dari desa dan kecamatan setempat.

"Untuk 1 paket sembako harga pasarannya Rp112.500, namun masyarakat cukup membayar Rp62.500. Jadi pada pelaksanaan OPM ini Pemda memberikan subsidi kepada masyarakat sebesar Rp50.000 per paket," ujar Dani.

Sedangkan Operasi Pasar Bersubsidi dilaksanakan pada Kamis 13 Juni 2024 di Kecamatan Bojong dengan paket sembako yang disediakan sebanyak 2000 paket.

Untuk hari ini, Jumat 14 Juni 2024, DKUPP Purwakarta melaksanakan Operasi Pasar Bersubsidi di wilayah Kecamatan Purwakarta tepatnya di Bale Indung Rahaya yang menyediakan 1000 paket sembako murah.

Komoditi yang disediakan yakni beras premium 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng kemasan 2 liter. Untuk harga pasaran sebesar Rp145.000 namun masyarakat cukup bayar per paket Rp100.000.

Dani menambahkan, pelaksanaan OPM dan OPADI merupakan kerjasama DKUPP Purwakarta dengan Disperindag Provinsi Jawa Barat.

"Ini diperuntukan bagi masyarakat yang berpotensi terdampak inflasi menjelang Hari Raya Idul Adha,"katanya.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini