Kementan dan Pemda Purwakarta Tandatangani Serah Terima Diorama Hortikultura Kawasan Tajug Gede

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Ditjen Hortikultira bersama Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Purwakarta menandatangani berita acara serah terima diorama diorama hortikultura Kawasan Tajug Gede, Purwakarta, Jabar, Senin (8/7/2024). Foto/Dok Kominsa Purwakarta for Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, PURWAKARTA- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Ditjen Hortikultira bersama Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Purwakarta menandatangani berita acara serah terima diorama diorama hortikultura Kawasan Tajug Gede, Purwakarta, Jabar, Senin (8/7/2024). 

Serah terima ini, dilakukan oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Kepala BKAD, Sekda Purwakarta, serta Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian. 

Sekda Purwakarta, Norman Nugraha, mengatakan, kawasan Tajug Gede Cilodong ini memang difungsikan sebagai destinasi wisata. Sebelumnya, Tajug Gede menjadi destinasi wisata religi.

"Kini, destinasi wisatanya semakin lengkap. Karena, kehadiran diorama hortikultura ini," ujar Norman.

Menurutnya, kehadiran diorama ini sejalan dengan program agro edu wisata yang ada di kawasan ini. Agro edu wisata ini, untuk pengembangan komoditas pertanian yang bernilai ekonomi tinggi.

Serta, memiliki skala ekonomi yang memadai, bersifat tematik dan pendekatan inovatif pertanian.

"Kawasan wisata Tajug Gede ini, dilengkapi dengan potensi pertanian di mana menjadi objek wisata yang potensial," ujar Norman.

Dengan adanya diorama hortikultura ini, diharapkan menjadi medan magnet untuk menarik wisatawan. Pasalnya, selain memiliki view yang indah khas pertanian, di kawasan ini juga ada keanekaragaman aktivitas produksi dan teknologi pertanian.

Tak hanya itu, kedepan juga akan dikembangkan kemitraan usaha, pusat diseminasi dan advokasi bisnis ke masyarakat luas. 

"Tajug Gede juga menjadi kawasan wisata yang aman, ramah pengunjung, ramah lingkungan baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara,"ucapnya.

Editor: Im Dalisah