Kemenag Aceh Resmikan Gedung PLHUT Lhokseumawe dan Luncurkan Madrasah Digital
Kalanwil Kemenag Aceh bersama Pj Walikota Lhokseumawe meresmikan PLHUT Kemenag Kota Lhokseumawe, Rabu (24/1/2024). Dok: Humas Prokopim Lhokseumawe

Gumpalannews.com, LHOKSEUMAWE – Kementerian Agama (Kemenag) Aceh meresmikan penggunaan gedung baru Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kota Lhokseumawe, Rabu (24/01/2023). Peresmian ini dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Aceh, Drs H Azhari, didampingi Pj Walikota Lhokseumawe, A. Hanan.

Gedung PLHUT ini dibangun dengan anggaran yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2023. Gedung ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang tunggu, ruang pelayanan, ruang informasi, dan ruang pertemuan.

Dalam sambutannya, Azhari mengatakan bahwa pembangunan gedung PLHUT ini merupakan wujud komitmen Kemenag untuk memberikan pelayanan prima kepada jemaah haji dan umrah.

“Pembangunan PLHUT ini harus kita syukuri bersama karena belum semua kabupaten/kota memiliki Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu,” katanya.

Azhari berharap dengan adanya gedung PLHUT ini, pelayanan kepada jemaah haji di Kota Lhokseumawe bisa lebih meningkat sehingga bisa memberikan kemudahan dan peningkatan pelayanan kepada jemaah haji.

“Kita wajib melakukan pelayanan prima semaksimal mungkin terhadap jemaah yang membutuhkan tenaga dan pikiran kita,” harapnya.

Selain meresmikan gedung PLHUT, Azhari juga meluncurkan enam Madrasah Digital Penggunaan Platform Jelajah Ilmu yaitu MAN Lhokseumawe, MTsN 2, MIN 1, MIN 2, MIN 5 dan MIS Banda Masen Kota Lhokseumawe.

Madrasah Digital ini merupakan platform pembelajaran agama Islam yang berbasis digital. Platform ini menyediakan berbagai materi pembelajaran agama Islam, mulai dari Al-Qur'an, Hadits, Fikih, Akidah, hingga Bahasa Arab.

Materi pembelajaran tersebut disajikan secara interaktif dan menarik, sehingga dapat memudahkan peserta didik untuk memahaminya. Selain itu, Madrasah Digital juga dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, seperti forum diskusi, kuis, dan latihan soal.

Peresmian Gedung PLHUT Kementerian Agama Kota Lhokseumawe ini disambut positif oleh berbagai pihak, termasuk Pj Walikota Lhokseumawe, A. Hanan.

Dalam sambutannya, Pj Walikota A Hanan berharap dengan peresmian gedung ini, Kemenag bisa memberikan pelayanan yang lebih baik, mudah, cepat dan tepat kepada masyarakat.

“Semoga menjadi tempat pelayanan terpadu bagi masyarakat, sehingga jamaah tidak perlu ke dua tempat antara Bank dan kantor pelayanan haji, kini bisa mendapatkan dua pelayanan sekaligus,” harap Hanan.

“Ini suatu langkah inovasi yang maju, pemko Lhokseumawe sangat apresiasi terhadap kebijakan-kebijakan program yang dilahirkan kemenag,” sambung Pj Walikota.

Kepala Kantor Kemenag Kota Lhokseumawe, Dr. H. Muhammad Amin, S. Ag, M.A, menyampaikan bahwa peresmian gedung baru PLHUT Kemenag Kota Lhokseumawe ini dilakukan dalam rangka mempermudah akses publik terhadap pelayanan haji dan umroh.

“Sekarang ini namanya pelayanan prima, maksudnya adalah semudah mungkin sehingga masyarakat memahami prosesnya dan cepat pengurusannya,” kata Muhammad Amin.

Dengan adanya gedung baru PLHUT Kemenag Kota Lhokseumawe ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, mudah, cepat dan tepat kepada masyarakat, khususnya para calon jamaah haji dan umrah.*



Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini