Kekeringan Semakin Meluas, MDMC Kabupaten Tangerang Aktif Pantau Wilayah
Warga Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang antri mendapatkan air bersih. Foto M. Deden Budiman Gumpalanmews.com

Gumpalannews.com, TANGERANG – Kekeringan di Kabupaten Tangerang terus meluas. Dampak kemarau panjang akibat fenomena El Nino.

Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Tangerang Budi Nur Indra mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya maksimal dalam dalam membantu  penanganan bencana kekeringan di Kabupaten Tangerang. 

Kata Budi, setelah ditetapkannya tanggap darurat bencana kekeringan oleh Pemkab Tangerang, MDMC Kabupaten Tangerang langsung meminta relawan merapatkan barisan.

Ia mengatakan, dalam penanganan bencana kekeringan di Kabupaten Tangerang, pertama pihaknya memfokuskan assesment wilayah mana yang benar-benar terdampak. 

"Relawan MDMC Kabupaten Tangerang langsung terjun melakukan assesment ke masyarakat terdampak kekeringan," tegas Budi, Senin (2/10/2023).

Lebih lanjut Budi menjelaskan, saat ini MDMC Kabupaten Tangerang sudah memiliki data desa mana saja yang mengalami kekeringan.

"Tentunya pendistribusian air bersih akan terus dilakukan," ucap Budi.

Langkah selanjutnya, pada pendistribusian air bersih kepada seluruh masyarakat yang terdampak kekeringan.

Selain itu, Budi meminta relawan MDMC Kabupaten Tangerang dan juga pengurus Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) di masing-masing kecamatan proaktif dalam melakukan update terhadap wilayah-wilayahnya yang mengalami kekeringan, guna mempercepat penanganan kekeringan di Kabupaten Tangerang.

“Pemuda Muhammadiyah tingkat kecamatan harus terus memantau dapat melaporkan kebutuhan di wilayahnya, agar dapat terdistribusi kebutuhannya dan juga terlibat langsung dalam pendistribusian air bersih,” tegasnya. 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini