Kapolres Simeulue: Wartawan Adalah Mitra Eksternal Yang Wajib Dijaga dan Lindungi

,
Sekretaris Daerah Simeulue, Asludin, SE, M.Kes bersama Kapolres Simeulue, AKBP. Jatmiko, SH, MH melaksanakan gotong royong bersama wartawan, di Kantor Sekretariat Bersama (Sekber) insan pers pada sabtu pagi, (03/06/2023). Foto/Dok Gumpalan

Gumpalannews.com, SIMEULUE- Kapolres Simeulue, AKBP. Jatmiko, SH, MH mengoperasikan sendiri mesin pemotong rumput saat melaksanakan gotong royong bersama wartawan, di Kantor Sekretariat Bersama (Sekber) insan pers Simeulue, Aceh, pada sabtu pagi, (03/06/2023). 

Kedatangan Jatmiko bersama puluhan personelnya, menambah semangat wartawan bergotong royong meski sempat diguyur hujan. 

Uniknya, Kapolres Simeulue langsung turun tangan mengoperasikan mesin pemotong rumput, membersihkan Kantor Sekretariat bersama insan pers tersebut.

Ditemui disela-sela gotong royong, Kapolres Simeulue, AKBP. Jatmiko, SH, MH mengatakan kehadirannya gotong royong bersama wartawan sebagai bentuk sinergitas antara Polri dan wartawan. 

Menurut Jatmiko, Wartawan merupakan mitra eksternal Polri dan Pemerintah yang wajib dijaga dan lindungi. 

"Wartawan adalah mitra eksternal kepolisian yang wajib kita lindungi dan kita jaga," Ujar Kapolres Simeulue, AKBP. Jatmiko, SH, MH. Saat mengikuti gotong royong bersama wartawan di Kantor Sekretariat Bersama (Sekber) Insan Pers Simeulue. Sabtu, (03/06/2023). 

Jatmiko menambahkan, wartawan bukanlah opisisi, melainkan sebagai mitra pengawas eksternal yang berkontribusi untuk kemajuan bangsa. 

"Karena Wartawan sebagai mitra pengawas eksternal diluar kekuasaan dan bukan opisisi. Wartawan adalah mitra kepolisian, mitra Pemerintah Daerah, yang menyuguhkan informasi. Kalau tidak ada wartawan, bagaimana kita bisa tau suatu informasi yang akurat?," Kata Jatmiko. 

Hal senada juga disampaikan Pejabat Sekretaris Daerah Simeulue, Asludin. Menurutnya Pemerintah Daerah saat ini sangat membutuhkan peran wartawan, dalam menyampaikan informasi kepada dunia tentang pembangunan dan potensi Simeulue.

"Kita sangat membutuhkan peran wartawan memberitakan potensi alam kita. Dan ingat beritanya juga harus berimbang, sesuai kode etik jurnalistik, " Ujar Sekda Simeulue. 

Mewakili Wartawan di Simeulue, Firnalis, menyampaikan ucapan terimakasih banyak atas kehadiran Kapolres Simeulue, AKBP. Jatmiko, SH, MH bersama Pj. Sekretaris Daerah Simeulue, Asludin, yang berkenan bergotong royong bersama wartawan. 

Firnalis berharap kebersamaan antara Polri, Pemerintah Daerah dan wartawan akan terus terjalin, sehingga wartawan dapat berkontribusi untuk pembangunan Simeulue. 

"Terimakasih banyak kehadiran bapak-bapak semoga kebersamaan terus terjalin untuk pembangunan Simeulue," Kata Firnalis yang juga mantan Sekretaris PWI Simeulue.

Editor: Yono Hartono