Kandidat Perempuan Bisa Mewarnai Kongres IKA FISIP Unsri 2023

,
Isabella Pengurus IKA FISIP Unsri yang digadang-gadang bisa jadi Kandidat dari Kalangan perempuan. Foto/Dok Bella for Gumpalan

Gumpalannews.com, SIMEULUE- Keluarga Besar Ikatan Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya (IKA FISIP UNSRI) akan melaksanakan Kongres ke-VI yang rencananya akan digelar pada bulan Agustus 2023 mendatang. Sejumlah kandidat Ketua Umum diprediksi bakal meramaikan kongres ini.

Sekretaris Pelaksana Kongres IKA FISIP Unsri ke VI Tomy Siahaan mengatakan kongres kali ini adalah Kongres ke-6 dan lebih tua dibandingkan dengan IKA UNSRI yang baru melakaksanakan Munas ke-4. 

"Artinya secara organisasi dan kepengurusan kita sedikit lebih dulu dibanding IKA UNSRI,"ungkap Ketua PA GMNI Palembang ini, Senin (29/5/2023).

Lanjut alumni Administrasi Publik FISIP Unsri ini menjelaskan jika pada pengurusan Kepemimpinan Bang Bagindo Togar, orang mengenal IKA FISIP Unsri dengan Ketuanya yang kritis, diskusi-diskusi publik cukup banyak dilakukan.

"Pada masa kepengurusan H Rudi Irawan (Kadispora Sumsel), sinergitas alumni dengan fakultas terbangun dengan baik ditandai dengan kepedulian dengan mahasiswa yang terhambat biaya kuliah melalui penggalangan bantuan sosial yang diinisiasi oleh IKA dan Fakultas,"terang Tomy.

Dia juga memandang banyak yang telah dimulai oleh Kepengurusan IKA FISIP yang sekarang, sekalipun banyak juga yang belum terpublikasi dan tersosialisasi dengan baik. Klub sepakbola FISIP misalnya juga sudah terbentuk, agenda-agenda sosial juga berjalan dan berhasil diinisasi kegiatan dengan fakultas cukup rutin. 

"Soal ada kekurangan dan ada catatan, semua orang tentu pasti bisa dimaklumi,”kata Dia.

Sementara itu, Isabella, S.IP, M,Si, Alumni Fisip angkatan 95 memberikan catatan khusus mengenai agenda yang perlu disuarakan dalam kongres IKA FISIP Ke-6.

“Yang cukup penting untuk dimulai adalah digitalisasi alumni, keberadaan data alumni itu penting bagi jurusan dan fakultas terutama saat akreditasi, sehingga kita harus melihat eksistensi Fakultas ISIP dan kebaradaan IKA FISIP itu sendiri tak bisa dipisahkan” Ungkap Kepala Biro Humas dan Promosi Universitas IGM tersebut.

Diluar dari siapa yang akan terpilih dalam seleksi kongres, Regional Leader Literasi Digital Regional ini menyebut perlu ada keterwakilan perempuan yang muncul sebagai kandidat Ketua IKA FISIP. 

“Perlu ada kandidat perempuan yang muncul, jangan sampai bicara soal kandidat IKA FISIP kita hanya bicara laki-laki. Banyak juga alumni FISIP perempuan yang karir bagus saat ini di birokrat ada Henny Yulianti, S.IP, MM (Kepala Dinas Perempuan dan Anak Pemprov Sumsel, ada Dr. Diana Dewi Sartika M.Si (Kajur Sosiologi), Rofiko Susanti Tahmil (Anggota DPRD Prabumulih) dan ada Feby Yoland (Pengusaha) sehingga akan banyak pilihan,” ungkap Kandidat Doktor Kebijakan Publik Universitas Sriwijaya ini.

Isabella juga menambahkan kunci sukses IKA FISIP itu adalah sinergi, kedepan ini harus ditingkatkan. Kita tidak menampik bahwa beberapa alumni 90an keatas juga mendorongnya untuk maju mewakili suara perempuan. 

"Sebagai alumni FISIP kita tentu peduli terhadap kesinambungan IKA, ada beberapa alumni juga mendorong untuk mewakili suara kepemimpinan perempuan, kalau dinilai pantas dan dipandang perlu oleh angkatan-angkatan lain ya mudah-mudahan," terang Bella dimintai komentar soal Kongres IKA FISIP Unsri.

Editor: Redaksi