Puluhan Kadus di Kecamatan Setia Abdya Ikut Pelatihan Publik Speaking
Pelatihan publik speaking di Kecamatan Setia, Abdya, Selasa (26/12/2023). Foto: Dok Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, ACEH BARAT DAYA - Sebanyak 27 orang kepala dusun (Kadus) dalam Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti pelatihan public speaking di Aula Pertanian Kecamatan Setia, Abdya. 


Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Gampong (BKAG) kecamatan setempat tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu pada Senin 25 Desember 2023 dan Selasa 26 Desember 2023.


Imeum Mukim Setia, Ishak Huri selaku salah satu pelatih pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa para kadus memang sangat penting untuk menguasai teknis public speaking.


"Pelatihan public speaking untuk kadus ini lebih kita arahkan ke kegiatan adat-istiadat Aceh, seperti intat ranuep (antar sirih), teurimoeng ranuep (terima sirih) pada prosesi lamaran," ujar Ishak Huri kepada awak media ditempat acara, Selasa (26/12/2023).


Ia menjelaskan, selama dua hari ini para kadus diberikan pemahaman terkait teknis berbicara di depan orang banyak, dan pada hari kedua semua peserta dilombakan dan diberikan hadiah pembinaan.


"Dihari pertama para peserta kita berikan materi terkait teknis berbicara di depan umum, sedangkan di hari kedua mereka kita lombakan," terangnya.


Sementara itu, Ketua APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kecamatan Setia, Ade Herman, menyambut baik pelaksanaan kegiatan public speaking untuk kadus tersebut.


"Kita selaku keuchik, menyambut baik pelaksanaan kegiatan seperti ini. Karena memang para kadus sering menjadi pengganti keuchik dalam kegiatan-kegiatan seperti intat dan teurimoeng raneup," bebernya.


Ade Herman berharap, dengan adanya pelatihan seperti ini, para Kadus dapat meningkatkan kapasitasnya terutama dalam hal berbicara di depan orang banyak.


Selain Imeum Mukim Setia, Ishak Huri, pelatih lain yang dihadirkan oleh BKAG Setia adalah Sabirin dari Majelis Adat Aceh (MAA), dan Hamzah, Babinkamtibmas setempat. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini