Breaking News

Kabid GTK Disdik Aceh: Tidak Hanya Evaluasi Kinerja, AKKS Juga Miliki Fungsi Pembinaan Bagi Kepsek 
Kabid GTK Disdik Aceh, Muksalmina. Foto: Humas Disdik Aceh.

GUMPALANNEWS.COM I Banda Aceh - Dinas Pendidikan Provinsi Aceh menggelar Asesmen Kompetensi Kepala Sekolah (AKKS) 2024 untuk mengevaluasi kinerja para kepala sekolah selama satu tahun terakhir. Pelaksanaan AKKS dilakukan secara daring di setiap kabupaten dan kota, melibatkan seluruh Kepala Cabang Dinas Pendidikan setempat.

"Kegiatan AKKS ini tidak hanya bertujuan untuk mengevaluasi kinerja, tetapi juga sebagai instrumen pembinaan bagi kepala sekolah," ucap Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Muksalmina, S.Pd., M.Si, Senin, 10 Juni 2024.

Pembinaan ini lanjutnya, mencakup aspek manajerial, pengambilan keputusan strategis, wawasan pendidikan, dan manajemen kompetensi kepala sekolah, serta isu kurikulum nasional yang baru dirilis melalui Permendikbud No. 12 Tahun 2024.

Ia juga menjelaskan dasar pelaksanaan AKKS ini sesuai dengan Permendikbud No. 40 Tahun 2021, yang mengatur penugasan guru sebagai kepala sekolah.

"Guru yang diberikan penugasan sebagai kepala sekolah dapat ditinjau, dievaluasi, dan diberikan pembinaan. Dua tahun terakhir ini kami melakukan asesmen kepala sekolah dan Alhamdulillah, tahun lalu seluruh kepala sekolah memperoleh rapor pendidikan dari Kemendikbud," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Marthunis, S.T.  D.E.A dalam siaran pers yang diterima media ini mengapresiasi pelaksanaan AKKS 2024 di Banda Aceh. Dalam pernyataannya Martunis menekankan pentingnya pengambilan keputusan strategis yang berbasis data. 

"Kemendikbud menilai Provinsi Aceh masih perlu pembenahan dalam hal numerasi berdasarkan data asesmen nasional. Maka Dinas Pendidikan harus memperoleh data manajerial kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikannya. Data tersebut sangat penting untuk pembinaan setiap satuan pendidikan di Provinsi Aceh agar sejalan dengan Kementerian Pendidikan," jelasnya.

AKKS 2024 melibatkan sejumlah kepala sekolah, terdiri dari 538 Kepala SMA, 223 Kepala SMK, dan 67 Kepala SLB, yang tersebar di 23 kabupaten dan kota di seluruh Aceh. Meskipun dilaksanakan secara online melalui website Meutuwah Nanggroe, kegiatan ini berlangsung dengan serius dan lancar. 

Para kepala sekolah berpartisipasi aktif dalam asesmen ini, menunjukkan komitmen mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kinerja kepala sekolah dan membantu Dinas Pendidikan dalam merumuskan strategi pembinaan yang lebih efektif di masa mendatang.[]


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini