Jokowi Bangun Ruas Jalan 30 di Abdya Aceh, Pj Bupati Darmansah: Terima Kasih Bapak Presiden
Pj Bupati Abdya meninjau pembangunan ruas Jalan 30 bersumber anggaran dari APBN, Jum'at (8/12/2023). Foto: T. Rahmat Hidayat/Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, ACEH BARAT DAYA - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah, S.Pd, MM bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Alfian Liswandar serta rombongan meninjau pembangunan Jalan 30 di Kecamatan Kuala Batee - Babahrot, Jum'at (8/12/2023).

Kepada awak media, Darmansah mengatakan bahwa pembanguan ruas Jalan 30 menuju Teluk Surin tersebut bersumber dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lebih kurang senilai Rp 14 miliyar.

"Jalan tersebut sebenarnya merupakan kewenangan kabupaten. Namun Alhamdulillah berkat lobi yang dilakukan ke Pemerintah Pusat melalui balai bisa dibangun dengan anggaran APBN," ujar Darmansah.

Dia menyebutkan, pembangunan jalan dengan menggunakan dana dari APBN adalah yang perdana di Abdya.

"Jadi kita masyarakat Abdya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Pusat terutama kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan bantuan pembangunan Jalan 30 ini," sebutnya.

Darmansah mengungkapkan, jalan yang tengah dibangun itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, karna ini adalah jalan restribusi untuk jaringan pertanian dan perkebunan.

"Jalan itu juga membantu mengentaskan kemiskinan ekstrem dan juga sebagai pencegah inflasi. Karena di sepanjang kiri dan kanan masyarakat berkebun dan bertani," jelasnya.

Menurut Darmansah, Abdya selama ini mampu bertahan tidak ada inflasi daerah karena disebabkan daerah tersebut merupakan daerah pertanian dan perkebunan.

"Kita berterima kasih sekali kepada Pemerintah Pusat yang telah membangun jalan ini sehingga kedepan masyarakat Abdya semakin bergairah untuk bertani," tuturnya

Kata Darmansah, panjang Jalan 30 itu panjangnya diperkirakan sejauh 47 kilometer, dan tahun ini dibangun sekitar 4 kilometer oleh Pemerintah Pusat.

"Mudah mudahan kita berharap ke depan ada disambung lagi dan tentunya jalur ini menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat Abdya, terutama untuk mengentaskan kemiskinan dan restribusi barang, sehingga inflasi barang tidak terjadi," ucap dia.

Dijelaskannya selama dua tahun terakhir Abdya tidak pernah terjadi inflasi barang. Hal itu dikarenakan masyarakat atau petani gemar menanam, baik cabai, jagung kedelai dan pisang.

"Kita berharap Pemerintah Pusat walaupun pembangunan jalan ini bertahap, namun kita meminta ada setiap tahun pembangunannya, walaupun lama paling tidak kita sudah memulai jalan kewenangan kabupaten ini sudah diperhatikan oleh Pemerintah Pusat," pungkas Pj Bupati Darmansah. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini