Jelang PON XII Aceh-Sumut, Pj Gubernur Harap Tol Sibanceh dan Binjai-Langsa II Rampung
Pj Gubernur Aceh harap sejumlah ruas tol dirampungkan jelang pelaksanaan PON XII. Foto: Pemerintah Aceh

Gumpalannews.com, BANDA ACEH - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, berharap pembangunan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dan Binjai-Langsa II dapat dirampungkan pada Agustus 2024.

Dengan begitu, kedua ruas tol tersebut bisa dimanfaatkan dalam rangka mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XII Aceh-Sumut sekaligus diresmikan oleh presiden.

“Pemerintah Aceh menyatakan komitmen untuk mempercepat penuntasan pengadaan tanah bagi kebutuhan penyelesaian pembangunan jalan tol ruas Sibanceh dan Binjai-Langsa II,” ujarnya, Sabtu (23/3/2024).

Bustami mengaku menyampaikan hal tersebut saat menerima audiensi tim Subdit Pengadaan Tanah Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, di kantor Gubernur Aceh pada Jumat (22/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Gubermur juga menyerahkan dokumen yang disiapkan pemerintah Aceh tentang penetapan lokasi (penlok) pembaharuan untuk ruas jalan tol Binjai-Langsa II.

Sebelumnya, Kepala Satker Pengadaan Tanah Jalan Tol Wilayah II Kementerian PUPR, Agung Sapto, melaporkan pengadaan lahan untuk ruas jalan tol Binjai-Langsa masih tersisa 3 kilometer lagi dari total 44 kilometer.

Sementara pengadaan lahan untuk tol Sigli-Banda Aceh progresnya saat ini mencapai 99 persen, hanya menyisakan 37 bidang yang tesebar di seksi 1 Padang Tiji-Seulimum.

Selain itu, juga diperlukan penambahan lahan seluas 112 Hektar untuk penambahan badan jalan dan akses pintu tol.

"Terkait kebutuhan pengadaan lahan tambahan untuk jalan tol Sigli-Banda Aceh perlu penyiapan dokumen penetapan lokasi tambahan dan pembaharuan dari Pemerintah Aceh," kata Agung.

Dia berharap, pemerintah Aceh dapat mempercepat proses penyelesaian pengadaan tanah untuk ruas tol Sigli-Banda Aceh dan Binjai-Langsa II. (*)


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini