Jelang Pilkada 2024, Warga Purwakarta Inginkan Bupati Baru, Ini Hasil Survey Terbaru LSI

Team Survey LSI sedang memberikan pemaparan hasil survey di hadapan awak media Purwakarta, Kamis, 4 juli 2024. Foto/Dok Team Survei for Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, SIMEULUE-Kabar gembira buat para kandidat pendatang baru yang ingin berkontestasi di Pilbub Purwakarta. Sebaliknya kabar buruk buat petahana. 

Pasalnya Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru untuk Pemilih Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Berdasarkan hasil survei LSI mayoritas publik sekitar 64,8% di Purwakarta menginginkan bupati baru.

Hanya sekitar 28,6%o yang masih menginginkan bupati lama atau petahana. Demikian hasil survei tersebut dipaparkan Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, TotoIzul Fatah, kepada awak media di Purwakarta, Kamis 4 Juli 2024.

Survei dilakukan dari tanggal 9-16 Juni 2024 dengan menggunakan metodologi standar,multistage random sampling melalui wawancara tatap muka kepada 440 respondendengan margin of error 4,8%.

Menurut Toto, temuan survei terbarunya itu memberi pesan kuat adanya keinginan mayoritas publik di Purwakarta untuk perubahan. Dengan kata lain, tak ingin lagi dipimpin bupati lama.

"Data survei ini tentu saja menjadi kabar gembira buat para kandidat pendatang baru yang ingin berkontestasi di Pilbub Purwakarta. Sebaliknya kabar buruk buat Bu Anne sebagai petahana," katanya. Dia menambahkan, kabar buruk kedua, tercermin juga dari tingkat kepuasaan publikterhadap kinerja incumbent yang belum tembus 70%.

Menurut Toto, dari pengalaman melakukan survei selama ini, incumbent yang inginterpilih lagi harus memiliki kepuasan publik terhadap kinerjanya diatas 70% sampai80%. 

"Kandidat petahana yang tingkat kepuasaan terhadap kinerjanya hanya 60%, apalagidibawah 50%, biasanya itu tanda-tanda incumbent berat untuk terpilih kembali,"ucapnya.

Editor: Im Dalisah