Hari Batik Nasional, Siswa SMAN 19 Kab. Tangerang Kompak Gunakan Batik Nusantara
Sambut Hari Batik Nasional, siswa SMAN 19 Kabupaten Tangerang gunakan batik nusantara, Senin (2/10/2023). Foto/ M. Deden Budiman Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, TANGERANG – Ada pemandangan yang menarik di SMAN 19 Kabupaten Tangerang, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Senin (2/10/2023). Tidak seperti biasanya, para siswa terlihat begitu kompak menggunakan berbagai motif dan corak batik nusantara.

Kepala SMAN 19 Kabupaten Tangerang Ruri., M.Pd menuturkan, setiap 2 Oktober diperingati Hari Batik Nasional dijadikan momentum untuk mengenalkan batik kepada seluruh siswa.

Kata Ruri, pihak sekolah mengenalkan seni budaya Indonesia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO, sebagai warisan budaya dunia berasal dari Indonesia adalah batik.

"Seluruh siswa kelas 10 sampai kelas 12 menggunakan batik nusantara, bahkan tadi ada yang menggunakan batik Tangerang," terang Ruri, seusai upacara bendera.

Menurut Ruri, kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Seni Budaya siswa diajarkan membatik dengan motif yang mereka buat.

Pihak sekolah berharap, dengan memperkenalkan batik kepada siswa, maka siswa akan menyukai dan bangga prodak asli Indonesia. Hal tersebut berdampak siswa akan percaya diri menggunakan batik.

"Khususnya budaya batik lokal Tangerang agar disukai dan menjadi kebanggaan. Sehingga batik akan tetap lestari di bumi nusantara ini," terang Ruri.

Sementara itu,  Ketua OSIS SMAN 19 Kabupaten Tangerang Hervianop Takbir, mengaku tidak malu menggunakan batik. 

Kata Hervianop, kini batik sudah menjadi tren dikalangam muda mudi. Sehingga ia dan seluruh siswa SMAN 19 Kabupaten Tangerang tak lagi malu gunakan batik.

"Pakai batik itu keren. Kini batik sudah jadi tren bagi anak muda," terang Hervianop, siswa kelas 12 IPA 1.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini