Gerindra Partai Terkuat di Dapil Palembang A
Hasil Riset BungFK DIGITALAnalysis Research Centre (BDRC) yang rilisnya, Jumat (10/2/2022).. foto dok Gumpalan

Gumpalannews.com, PALEMBANG - Partai Gerindra baru saja merayakan HUT Ke-15 tidak terkecuali di Kota Palembang yang dimeriahkan dengan berbagai cara ditengah persiapan partai menghadapi pemilu 2024. Sebagai partai yang masih cukup muda ini bisa dikatakan Gerindra telah menjelma sebagai partai papan atas baik level nasional dan daerah. 

Lalu bagaimana, posisi Gerindra menghadapi pemilu 2024 terutama terkait kontestasi persaingan kursi di daerah. Pemerhati Politik yang juga Founder BungFK DIGITALAnalysis Research Centre (BDRC) di Sumatera Selatan Fatkurohman, S Sos punya catatan sendiri terkait posisi Partai Gerindra.

Menurutnya, berdasarkan pemetaan daerah pemilihan (Dapil) di Kota Palembang terutama untuk DPRD Provinsi, Partai Gerindra menjadi partai yang terkuat di dapil Palembang A jelang pemilu 2024. 

"Catatan pemetaan dapil lembaga kita baru-baru ini, Partai besutan Prabowo Subianto ini ada diangka 14,1 persen. Dengan posisi ini bisa dikatakan Partai ini bisa mempertahankan kursinya dari dapil Palembang A sangat terbuka lebar karena menjadi yang tertinggi didapil ini,"ungkap Founder BungFK DIGITALAnalysis Research Centre (BDRC) ini dalam rilisnya, Jumat (10/2/2022).

Dia juga menjelaskan kedekatan pemilih Palembang terhadap partai ini juga cukup tinggi dan disukai pemilih sebagai partai yang kompak, solid dan dekat dengan pemilih. Partai dengan sistem komando ini telah menjadi identitas yang melekat sebagai ciri khas partai dimata pemilih.

"Hal ini dikuatkan dengan hasil pemetaan terkait alasan memilih Gerindra, sekitar 55 persen memilih partai kepala burung Garuda ini karena memang menyukai Gerindra sebagai partai yang citra kepemimpinanya kuat. Sementara, 40 an persen lebih memilih Gerindra karena  figur tokoh partai seperti Caleg. 

"Artinya jika posisi Gerindra di Palembang A di angka  sekitar 14 persen maka Partai Gerindra sudah punya modal Party ID sekitar 7 persen. Cukup kuat sebagai partai menghadapi pemilu 2024".

Selain Partai Gerindra yang menjadi partai terkuat di Palembang A, Sekjend IKA FISIP Unsri ini juga memprediksi ada partai yang bakal membuat kejutan di dapil Palembang A untuk DPRD Provinsi. 

"Dimana sebelumnya tidak meraih kursi, bakal meraih kursi di Pemilu 2024 akan datang,"kata Alumni FISIP Unsri ini.

Sementara, untuk persaingan perolehan kursi di dapil Palembang A, dia menggambarkan tidak ada partai yang dominan. Hal ini juga seperti terjadi pada pemilu 2019 lalu, pada saat itu Partai Gerindra dapil Palembang menempatkan Prima Salam SH sebagai Anggota DPRD Sumsel dengan raihan 24.309 suara dengan suara Partai Gerindra sebanyak 65.356 suara.

"Artinya untuk saat ini juga dengan angka tertinggi 14,1 persen diprediksi belum ada partai yang bisa meriah dua kursi dari kuota kursi didapil ini yakni 6 kursi. Saya memprediksi bakal berbagi 1 kursi,"ungkap Pengamat Politik yang juga sebagai Koordinator Wilayah Sumsel Public Trust Institute ini.


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini