Breaking News

Disdik Aceh Gelar Try Out Generasi Gemilang Bagi 33 Ribu Siswa Se-Aceh
Kepala Bidang GTK Disdik Aceh, Muksalmina SPd, MSi. Foto: Humas Disdik Aceh

GUMPALANNEWS.COM I Banda Aceh - Animo siswa kelas XII SMA/SMK se-Aceh mengikuti Try Out Generasi Gemilang menunjukkan angka yang luar biasa. Tak kurang 33 ribu siswa kelas XII SMA/SMK se-Aceh mengikuti Try Out yang mulai digelar hari ini, 5 Februari hingga 7 Februari 2024.

Membludaknya peserta yang ikut dalam proses uji coba sebelum mengikuti ujian sebenarnya itu juga menunjukkan gairah siswa di Aceh sangat antusias untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri. 

Kepala Dinas Pendidikan Aceh melalui Kepala Bidang GTK, Muksalmina SPd, MSi kepada awak media mengungkapkan Try Out Generasi Gemilang ini merupakan kerjasama Disdik Aceh dengan Bimbingan Belajar Fajar Harapan Nusantara Banda Aceh, dan diikuti oleh 23 kabupaten/kota se Aceh. Try Out ini juga dimaksudkan sebagai persiapan SNBT serta Al Fatih Art Langsa untuk persiapan Sekolah Kedinasan

"Pelaksanaannya dibagi dalam setiap rayon dengan kapasitas penyelenggaran sebanyak 11 ribu user setiap hari. Pelaksanaan ujian disusun dalam tiga sesi per hari dimana setiap kabupaten kota memiliki jadwal pada sesi tertentu," terang Muksalmina.

Meski bekerjasama dengan dua bimbel, lanjutnya, pelaksanaan try out ini sendiri tidak mengutip biaya sepeser pun dari siswa, alias gratis. Ia menilai para peserta didik perlu diasistensi sejak awal terkait minat melanjutkan ke perguruan tinggi negeri dan sekolah kedinasan. 

"Di sisi lain, mereka harus paham pilihan jurusan sesuai dengan kemampuan. Tidak semua orang beruntung melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), sebagian besar justru harus berjuang melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Dinas Pendidikan hadir membantu siswa menetapkan pilihan untuk kemudian diikhtiarkan melalui belajar yang lebih intensif," imbuh dia.

Diterangkan mantan aktifis BEM FKIP USK ini, siswa dari beberapa daerah tersebut sebelumnya sudah dibekali dengan simulasi. Selanjutnya akan dijadwalkan kembali beberapa try out lanjutan untuk menguatkan pengetahuan siswa. 

Aplikasi yang digunakan untuk pelaksanaan try out merupakan karya guru inti Aceh. Jawaban siswa nantinya akan masuk ke email masing-masing siswa sehingga nantinya siswa dapat mengonfirmasi jawaban untuk memperoleh pembahasan pada guru di sekolah. 

“Para siswa yang memperoleh prestasi pada saat try out nanti akan diberikan bimbingan belajar gratis di Fajar Harapan Nusantara, yaitu rangking 1 sampai 3 setiap kabupaten/kota. Sementara rangking 6 – 10 akan memperoleh hadiah menarik lainnya” tutup Martunis, Direktur Bimbel Fajar Harapan Nusantara.


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini