Diguyur Hujan Deras, Lima Perumahan di Tangsel Tergenang Banjir
EVAKUASI: BPBD Kota Tangsel saat mengevakuasi korban banjir di Pamulang, Kota Tangsel, Kamis (07/12/2023). Foto/ M. Deden Budimman Gumpalannews.com

Gumpalannews.com, TANGERANG – Hujan deras yang menguyur wilayah Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Kamis (07/12/2023) mengakibatkan lima perumahan kebanjiran. 

Kepala Seksi Mitigasi BPBD Kota Tangsel, Essa Nugraha Sudjana, mengungkapkan, untuk  Perum BPI RW 04 Pamulang Timur ketinggian air sekitar 25 sentimeter dengan 60 kepala keluarga terdampak.

“Situasi terkini hingga pukul 18.00 genangan air mulai turun sekitar 20 sentimeter,” kata Essa.

Dijelaskam Essa, curah hujan yang cukup deras  kontur perumahan yang rendah cekungan, mengakibatkan perumahan Perum BPI ini kebanjiran.

Selain Perum BPI, lanjut Essa, Perumahan Lembah Pinus Pamulang Barat juga mengalami hal serupa, ketinggian air sekitar 20 – 40  sentimeter, dengan 98 kepala keluarga terdampak.

“Curah hujan deras dan adanya tanggul kali yang sedang diperbaiki sehingga meluap ke perumahan warga,” ucapnya.

Ditambahkan Essa, Perum Reni Jaya Blok AC RW 17  Pamulang Barat juga tak luput dari kebanjiran setinggi  30-50 sentimeter.

“Sama dengan BPI, kebanjiran di Reni Jaya ini juga akibat curah hujan deras dan kontur perumahan yang rendah dan pinggir kali,” tukasnya.

Sedangkan Perumahan Rosewood garden Kelurahan Serua, dikatakan Essa, genangan air 20-40 sentimeter dan penyebabnya ada perbaikan tanggul kali dan curah hujan.

Lebih lanjut Essa menuturkan Perum Pamulang Asri 2 RW 09 Kelurahan Serua Indah genangan airnya paling tinggi mencapai 60 sentimeter dan 120 kepala keluarga kena dampaknya.

“Selain curah hujan yang cukup deras, saluran drainasse yang tidak berfungsi, sehingga air meluap hingga ke rumah warga,” tuturnya.

Essa juga menegaskan petugas BPBD, siaga penuh di lima lokasi perumahan untuk membantu warga. 


Editor:

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Loading...

Berita Terkini